Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Jemaja Ingin Jaringan 4G Bertahan Usai Festival Padang Melang
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 19-07-2019 | 12:04 WIB
padang-melang-anambas.jpg Honda-Batam
Festival Padang Melang di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Akses telekomunikasi di Kecamatan Jemaja ditingkatkan dari kualitas 3,5G menjadi 4G guna menyukseskan Festival Padang Melang 2019.

Hal ini diakui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal merupakan komitmen provider dalam mendukung dan menyukseskan Festival Padang Melang tahun 2019. Dan kemungkinan kualitas tersebut hanya bertahan selama event Festival Padang Melang.

"Jauh hari sudah kita minta kepada Provider Telkomsel untuk mendukung dan menyukseskan Festival Padang Melang. Alhamdulillah Provider Telkomsel merealisasikan itu, dan sudah dilakukan perbaikan sebelum kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan. Memang proses ini juga didukung oleh kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan," ujar Japrizal, Jumat (19/7/2019).

Meski pengguna langsung membludak, Japrizal mengakui, telah menyampaikan hal tersebut kepada provider agar dilakukan peningkatan kapasitas. Dan menyampaikan harapan kualitas 4G bertahan seterusnya di Kecamatan Jemaja.

"Mulai tadi malam (Kamis) kualitas 4G sudah beroperasi. Tetapi pengguna langsung membludak, karena informasi peningkatan kualitas langsung tersebar. Untuk itu kami sampaikan kepada Telkomsel agar menambah kapasitas dan mempertahankan kualitas ini dalam jangka panjang, tidak hanya pada Festival Padang Melang saja," jelasnya.

Japrizal menjelaskan, terkait permintaan Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Menteri Kominfo, ialah peningkatan dan pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Pulau Jemaja.

"Permintaan Bu Susi untuk pemerataan akses telekomunikasi dan peningkatan di Pulau Jemaja. Tujuannya untuk menjaga pertahanan di daerah perbatasan dan terluar. Kemudian untuk meningkatkan promosi sektor pariwisata," terangnya.

Japrizal mengakui kalau akses tersebut belum tembus di Pantai Padang Melang dan Bandara Letung. Namun, untuk Pantai Padang Melang sudah didukung oleh fasilitas wifi.

"Ini yang sedang diupayakan, dan mudah-mudahan segera direalisasikan. Kami harap masyarakat sabar menunggu," jelasnya.

Sementara, salah satu penggerak promosi pariwisata Pulau Jemaja, Gusdi Munandar mengapresiasi peningkatan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja. Pasalnya permintaan tersebut sudah lama disampaikan.

"Semoga dengan meningkatnya akses telekomunikasi ini, meningkat juga pengunjung ke Pulau Jemaja. Dan kami juga butuh jaminan atau kepastian, kalau jaringan ini tidak hanya bertahan selama Festival Padang Melang," tegasnya.

Editor: Gokli