PKP

Pesawat Malindo Air Tergelincir, Penerbangan Tujuan Bandung Dialihkan ke Soekarno-Hatta
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 20-06-2019 | 18:52 WIB
penumpang-lion-protes1.jpg honda-batam
Ratusan Penumpang Meminta Penjelasan Pihak Maskapai Lion Air di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ratusan penumpang Lion Air yang mengalami pengalihan penerbangan melakukan protes di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Pengalihan ini dikarenakan maskapai penerbangan Malindo Air Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK rute Bandung-Malaysia keluar dari landas pacu (runway excursion) pada pukul 14.25 WIB di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Akibat inseden tersebut, Bandara Husein Sastranegara akan kembali dibuka kembali pada pukul 16.30 WIB. Selain itu, pengalihan penerbangan juga dirasakan pada beberapa rute penerbangan seperti, Batam - Bandung, Batam - Denpasar (transit Bandung) dan Batam - Surabaya.

Salah seorang penumpang Lion Air Batam - Bandung, Yuyun (27) mengatakan, insiden pesawat Malindo Air yang keluar dari landas pacu ini diketahuinya saat hampir sampai di Kota Bandung.

"Pertamanya ada pemberitahuan dari pihak pesawat kalau ada salah satu pesawat yang lewat landas pacu, jadi harus muter-muter di udara dulu sambil nunggu masalah itu selesai," kata Yuyun saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (20/6/2019).

Dirinya mengungkapkan, selama lebih dari 45 menit pesawat yang ditumpanginya terus berputar-putar di udara hingga akhirnya mengatakan bahwa harus melalui pengalihan penerbangan dari Jakarta.

"Tadi dari pihak maskapai bilangnya pukul 19.30 kami sudah berangkat kembali, tapi itu belum bisa dipastikan. Makanya banyak penumpang yang marah-marah," tutupnya.

Sampai dengan saat ini, ratusan penumpang tujuan Bandung masih menunggu kepastian pihak maskapai penerbangan.

Editor: Yudha