PKP

PT Dirgantara Indonesia Dijual ke Pemerintah China, Kominfo: Itu Hoaks
Oleh : Redaksi
Kamis | 13-06-2019 | 10:28 WIB
di-hoaks.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Konten hoaks beredar luas, soal penjualan PT Dirgantara Indonesia kepada Pemerintah Tiongkok. Dalam unggahan itu dinyatakan penjualan perusahaan tersebut disertai dengan ditandatanganinya pelunasan kepada Pemerintah Indonesia.

Narasi itu menunjukkan secara resmi kepemilikan PT Dirgantara Indonesia berpindah tangan menjadi milik Pemerintah China. Setelah dilakukan penelusuran dan pengecekan oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, ternyata konten itu hoaks.

"Kabar itu tidak benar (hoaks). Karena PT Dirgantara Indonesia termasuk industri strategis yang diatur oleh UU nomor 16 tahun 2012," kata Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu di Jakarta, Senin (10/06/2019) seperti dikutip situs resmi Kominfo.

Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, dalam UU tersebut juga menekankan bahwa, kepemilikan PT Dirgantara Indonesia sepenuhnya dikuasai oleh negara dan dilarang dijual kepada pihak asing manapun.

"Keterangan resmi dari Kepala Biro Humas PT Dirgantara Indonesia sudah menegaskan, 100 % saham PT Dirgantara Indonesia masih milik Pemerintah RI," imbuhnya.

Selain itu, pihak Humas PT Dirgantara Indonesia juga saat ini sedang menjalin kerja sama dengan Airbus sebagai pihak luar negeri, bukan perusahaan China.

Editor: Gokli