PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bamsoet Lepas Jenazah Ani Yudhoyono ke TMP Kalibata
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-06-2019 | 14:04 WIB
bamsoet_ani_yudhoyoino.jpg honda-batam
Upacara pemberangkatan jenazah ibu negara RI 2004-2014 Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Upacara pemberangkatan jenazah ibu negara RI 2004-2014 Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono dilakukan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bertindak selaku inspektur upacara.

Selaku perwakilan negara, Bambang Soesatyo menerima Jenazah Ani Yudhoyono dari Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas Yudhoyono untuk segera dimakamkan. "Dengan ini saya atas nama keluarga bapak Dr H Susilo Bambang Yudhoyono, menyerahkan jenazah almarhumah H Kristiani Herrawati Yudhoyono kepada pemerintah untuk dimakamkan di taman makam pahlawan nasional utama kalibT dengan upacara militer," kata Ibas.

Dalam sambutannya, Bambang Soesatyo menyampaikan, wafatnya Ani Yudhoyono di Bulan Ramadhan akan memudahkannya untuk menghadap sang khaliq. "Serta mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," kata Bambang Soesatyo.

Bambang Soesatyo juga berbicara soal karakter yang dimiliki oleh Ibu Negara keenam tersebut. Menurutnya, Ani Yudhoyono adalah cerminan karakter wanita Indonesia.

"Sebagai anak dari pasangan Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo dan Hajjah Sri Sunarti Hadiyah. Menjadikan Ani Yudhoyono memiliki nasionalisme yang kuat dalam mencintai Indonesia," kata Bambang Soesatyo.

Selain itu, ketua DPR itu juga menyampaikan, Ani Yudhoyono berhasil menjalankan peran sebagai istri dan ibu. Menurutnya, pengalaman Ani Yudhoyono dapat ditiru oleh semua wanita Indonesia.

"Sejak lahir dan kemudian menemani Pak SBY menjadi prajurit. Setelah itu Ibu Kristiani Herrawati berhasil mendidik kedua puteranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono," ujarnya.

Bambang Soesatyo sebagai inspektur upacara persemayaman kemudian menerima secara simbolis penyerahan jenazah dari perwakilan keluarga. Pria yang disapa Bamsoet tersebut juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Ani dalam hidupnya.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, melanjutkan kehidupan dan mewujudkan cita-cita beliau almarhumah, menjadika Indonesia negeri yang aman, damai, dan sentosa," kata Bamsoet.

Jenazah almarhumah resmi diberangkatkan dari kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pukul 13.40 WIB. Pelepasan dilakukan dengan upacara militer.

Jenazah bersiap dikebumikan di TMP Kalibata. Terlihat SBY, kedua anaknya dan menantunya mengiringi di belakang iring-iringan pasukan upacara persemayaman.

Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah istri dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata

Editor: Surya