PKP

Mendagri Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Oleh : Irawan
Jum\'at | 31-05-2019 | 13:28 WIB
bahtiar111.jpg honda-batam
Kapuspen Kemendagri Bahtiar

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Sabtu, 1 Juni 2019. Tjahjo akan memimpin pelaksanaan upacara di Halaman Utama Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7, Gambir, Jakarta Pusat.

Sabtu, 1 Juni 2019 sudah memasuki libur akhir pekan dan disambung dengan cuti bersama dan libur lebaran. Meski demikian, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut.

"Seluruh ASN lingkup Kemendagri wajib untuk upacara Hari Lahir Pancasila," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar di Jakarta, Jumat (31/5/2019)

Tak hanya itu, pada tanggal 31 Mei 2019, seluruh ASN dan Karyawan di lingkungan Kemendagri akan tetap masuk seperti biasa.

"Tak ada itu istilah Harpitnas (Hari kejepit Nasional), kami kemendagri masuk kantor dan bekerja seperti biasa. Kami ASN dan karyawan Kemendagri loyal tegak lurus pada kebijakan pemerintah termasuk kewajiban upacara tanggak 1 Juni peringatan Hari Lahir Pancasila" ungkap Bahtiar

Seluruh lembaga negara, Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah (Pemda) seluruh Indonesia melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni mendatang. SE tersebut bernomor B.116/Ka.BPIP/05/2019 yang ditandatangani oleh Pelaksana tugas Kepala BPIP Hariyono.

Seperti diketahui, Mendagri meminta Gubernur, Bupati/Walikota menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019. Hal itu dituangkan dalam Radiogram Nomor 019.1/4110/Sj yang ditujukan pada Gubernur, Bupati/Walikota tertanggal 21 Mei 2019.

Radiogram tersebut dikeluarkan sehubungan dengan surat Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor B.116/Ka.BPIP/05/2019 tanggal 13 Mei 2019 Perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019.

Tak hanya itu, Kepala Daerah juga diminta melakukan kegiatan yang mendukung pemahaman nilai Pancasila, publikasi diseminasi semarak peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 di lingkungan masing-masing.

"Kepala Daerah diminta melaksanakan upacara serta melakukan kegiatan yang mendukung penanaman nilai-nilai Pancasila, melakukan publikasi, serta memasang spanduk Peringatan Hari Lahir Pancasila," kata Tjahjo.

Tema Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, tahun ini mengusung tema 'Kita Indonesia, Kita Pancasila' Pedoman pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, logo dan tema dapat diunduh pada laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di www.bpip.go.id

Editor: Surya