Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi dan BC Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kilogram Bawang Putih dari Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 10-05-2019 | 17:16 WIB
202020202_bawang-putih1.jpg Honda-Batam
Bawang putih yang akan diselundupkan dari Batam diamankan di Mapolsek KKP. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) bekerjasama dengan Bea Cukai mengamankan ratusan kilogram bawang putih di Pelabuhan Batuampar, Jumat (10/5/2019).

Diduga, bawang tersebut akan diselundupkan ke Belawan menggunakan Kapal Kelud. Namun sejauh ini belum diketahui siapa pemilik bawang tersebut.

Kapolsek KKP AKP Syaiful Badawi, melalui Kanit Reskrim, Iptu Yusriadi Yisuf, mengatakan, saat ini ratusan kilogram bawang putih itu sudah diamankan di Mapolsek.

Pantauan di Mapolsek, bawang putih tersebut dibungkus dengan tas, karung dan koper. Terkuaknya upaya penyelundupan ini, karena petugas mengecek satu per satu tas yang akan dibawa ke dalam kapal.

"Sekitar seratus kilogram bawang putih terpaksa kita amankan dan dibawa ke Mapolsek. Sejauh ini belum ada yang mengaku sebagai pemilik, tapi bawang ini diduga akan diselundupkan ke Belawan melalui kapal kelud," ujar Yusuf.

Untuk bawang itu sendiri, sejauh ini masih menjadi barang temuan karena tidak ada pemiliknya.

Ditambahkan pihaknya memang tengah intensif melakukan pengawasan di pintu masuk dan keluar Batam. Sebab, saat ini sangat rentan terjadinya upaya-upaya penyelundupan.

Apalagi, saat ini harga kebutuhan pokok melonjak, termasuk dengan bawang. Upaya penyelundupan yang dilakukan, tentu akan menbuat semakin mencekik harga kebutuhan di pasaran.

"Kita akan terus pantau, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Editor: Yudha