Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Lakukan Pembakaran Lahan, Ditpam BP Batam Amankan Seorang Warga
Oleh : Hendra
Kamis | 11-04-2019 | 18:28 WIB
bekas-hutan-terbakar.jpg Honda-Batam
Salah satu kawasan hutan lindung di Batam yang diduga sengaja dibakar warga untuk dijadikan perkebunan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasi Hutan dan Patroli Ditpam BP Batam, Willem Sumanto mengatakan pihaknya telah mengamankan 1 orang yang diduga pelaku pembakaran hutan lindung Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Nongsa, pada bulan lalu.

"Sejak adanya pembakaran hutan lindung kita telah amankan satu terduga pelaku di KKOP Nongsa, kita langsung mengamankan 1 orang terduga pembakaran hutan tersebut," ujarnya, Kamis (11/04/2019).

Saat penangkapan, Willem mengatakan terduga pelaku berada di hutan tersebut. Dan timnya langsung menghubungi anggota Polsek Nongsa agar diamankan, supaya diproses oleh pihak kepolisian.

"Saat kita hendak lakukan pemadaman, ada 1 orang terduga di hutan KKOP tersebut. Dan sudah kita serahkan ke Polsek Nongsa," lanjutnya.

Ia menduga, selama ini pembakaran hutan bisa dikatakan banyak disengaja karena untuk kepentingan membuka lahan atau kegiatan perladangan. Karena ketika kebakaran selesai tidak lama setelah itu akan terlihat petakan lahan yang ditanami tumbuhan jenis tertentu.

"Ada kemungkinan sengaja dibakar untuk buka lahan perladangan dan terbukti ada banyak tanaman umbian," jelasnya.

Ditpam BP Batam, sambungnya, aka terus melakukan penertiban dan pengawasan yang ekstra terhadap hutan lindung. "Kegiatan ini akan terus kita lakukan hingga bersih dari tanaman," tegasnya.

Editor: Gokli