Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Rapim TNI AL

Pulau Nipah dan Pulau Sekatung Prioritas Pengamanan Pulau Terluar oleh TNI AL
Oleh : Surya
Senin | 24-01-2011 | 14:12 WIB
pulau_nipah.JPG Honda-Batam

Pulau Nipah, salah satu pulau terluar RI yang berbatasan dengan Singapura, terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau

Jakarta, Batamtoday - Dua pulau terluar di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yakni Pulau Nipah di Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Pulau Sekatung di Natuna yang berbatasan dengan Vietnam menjadi agenda prioritas bagi TNI AL pengamanan pulau-pulau terluar dan perairan Republik Indonesia (RI) yang berbatasan dengan negara tetangga.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksmana Pertama TNI Tri Prasodjo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (24/1/2011).  Penjelasan Kadispenal ini terkait rencana Rapat Pimpinan TNI AL yang akan digelar pada Selasa (25/1/2011) yang akan membahas pokok-pokok kebijakan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut 2011, sekaligus sebagai media untuk menerima masukan secara langsung dari peserta.

"TNI berupaya meningkatkan pengamanan pulau-pulau terluar dan perairan Indonesia yang perbatasan langsung dengan negara tetangga. Jumlah pulau terluar ada 92 pulau, tapi utamanya ada 12 pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga terus mendapat perhatian TNI AL antara Pulau Nipah dan Sekatung," kata Prasodjo.
 
Menurut Kadispenal, Rapim TNI AL merupakan tindaklanjut dari Rapat Pimpinan TNI beberapa waktu lalu. "Pesertanya  para pejabat penentu kebijakan dan pelaksana seluruh jajaran TNI AL yang akan membahas dan memperdalam berbagai hal yang berkaitan dengan hasil-hasil Rapim TNI, antara lain upaya meningkatkan pengamanan pulau-pulau terluar dan perairan Indonesia yang perbatasan langsung dengan negara tetangga," katanya.

Dijelaskan Tri , sejumlah pulau terluar yang dimaksud selain Pulau Nipah di Batam dan Pulau Sekartung Provinsi Kepri yang berbatasan dengan Singapura dan Vietnam adalah  Pulau Rondo Provinsi Nangroe Aceh Darussalam berbatasan dengan India, Pulau Berhala Provinsi Sumatera Utara  berbatasan dengan Malaysia.

Lalu, pulau Marore, Marampit; dan Miangas Provinsi Sulawesi Utara berbatasan dengan Philipina. Kemudian Pulau Fanildo, Pulau Bras dan Pulau Fani berbatasan dengan Republik Palau (Pacific) , Pulau Batek Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan Timor Leste serta Pulau Rote berbatasan dengan Australia.