PKP

Nenek Beni Segera Nikmati Penerangan Listrik dan Air Bersih
Oleh : Wandy
Selasa | 12-02-2019 | 18:19 WIB
bupati-karimun3.jpg honda-batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kondisi nenek Beni (68), yang hidup sebatang kara dan tinggal di rumahnya tanpa penerangan lampu dan air bersih, akan segera ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. Pemerintah akan membelikan bak penampungan air dan juga akan dipasangkan listrik di rumah nenek Beni. Sehingga, rumahnya tidak gelap gulita dan tidak perlu lagi jauh untuk mengambil air.

"Hal tersebut sudah disampaikan Lurah Harjosari kepada saya dan mereka akan membelikan bak penampungan air dan rumah nenek tersebut akan dipasangkan listrik. Rencana Kamis ini akan segera dikerjakan," kata Rafiq, saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Selasa (12/2/2019).

Dia juga mengatakan, sudah meminta kepada Dinas Sosial dikoordinasikan dengan pihak Kelurahan segera sehingga Nenek Beni cepat ditangani, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Karena kabarnya rumah nenek Beni merupakan swadaya yang diberikan oleh donatur untuk dia tinggal dan pihak kelurahan juga sudah melakukan berbagai hal, sehingga tidak menelantarkan nenek tersebut," jelas Rafiq.

Rafiq juga mengatakan, Nenek Beni di tahun 2019 tidak mendapatkan bantuan, sebab bantuan ditentukan oleh pemerintah pusat. Sementara pemerintah daerah hanya mengajukan, namun mereka akan melakukan berbagai upaya. Sebab, orang terlantar dan tidak mampu itu menjadi kewajiban negara serta menjadi kewajiban pemerintah memberikan perlindungan.

"Kita tidak menunggu hal itu. Mungkin program dari Dinas Sosial dan Bazanas juga akan kita kaitkan dengan hal ini. Baznas juga berkewajiban memberikan bantuan kepada orang-orang yang tidak mampu," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang nenek berusia 68 tahun bernama Beni yang hidup sebatang kara tinggal di rumahnya dengan kondisi tanpa lampu penerangan serta air bersih.

Ia, tinggal di Kampung Harapan Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Pantauan BATAMTODAY.COM saat bersambang ke kediamannya, Nenek Beni sedang duduk sendiri didepan pintu sambil termenung.

Diketahui, rumah yang dihuninya saat ini dibangun di atas tanah warga yang berbaik hati ingin membantu. Karena, warga tersebut tidak tega melihat nenek dan almarhum suami tinggal di gubuk reot yang hampir rubuh tak jauh dari rumahnya saat ini.

Editor: Chandra