Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alfan Suhaeri Resmi Jabat Ketua Kadin Kepri Versi OSO
Oleh : Nando
Minggu | 03-02-2019 | 09:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Gemuruh tepuk tangan para hadirin memenuhi ballroom Best Western Hotel, Panbil setelah Alfan Suhaeri resmi dilantik sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepulauan Riau (Kepri) versi Osman Sapta Odang (OSO) di bawah Ketua Umum Eddy Ganefo, Sabtu (2/2/2019) malam.

Pelantikan sendiri dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo. Selain itu, dalam kegiatan yang sama pihaknya juga melantik susunan kepengurusan untuk Kadin Batam, yang diketuai oleh Syamsul Paloh.

Dari data yang dihimpun tim liputan BATAMTODAY.COM, hadirnya dualisme Kadin Indonesia sendiri berawal dari Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Pontianak 2013 yang melahirkan Kadin versi Oesman Sapta Odang atau OSO. Yang berbuntut pencabutan sembilan ketua Kadin daerah, termasuk Kepri yang saat itu dijabat oleh Johannes Kennedy.

Pencabutan keanggotaan diputuskan langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia periode Suryo Bambang Sulisto. Dimana tidak lama berselang, Caretaker Kadin Kepri Nada Faza Soraya menggelar Musda III Kadin Kepri yang memilih Ahmad Ma’ruf Maulana sebagai Ketua Kadin Kepri periode 2014-2019. Dalam perjalanannya, Kadin versi OSO tetap diakui pemerintah hingga kepemimpinan Eddy Ganefo lewat Munas VIII Jakarta, Oktober 2015 lalu

Tidak hanya itu, dalam pembacaan mandat kepengurusan Kadin Kepri Versi Eddy Ganefo. Sejumlah nama pejabat yang berasal dari Kepri, juga disebutkan sebagai Dewan Penasehat Kadin Kepri periode 2019 - 2024. Dimana diantaranya, Politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang juga merupakan anggota DPR RI, Nyat Kadir didaulat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Beberapa nama lainnya seperti Husrin Hood, dan Taba Iskandar juga didaulat sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat. Sementara untuk anggota Dewan Penasehat diisi oleh Djasarmen Purba, Mustafa Widjaya, Hardi Slamet Hood, dan juga Awang Herman yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepri.

Sementara itu, hingga saat ini baik Ketua Kadin Kepri, Ma'aruf Maulana dan juga Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk masih belum dapat memberikan komentar apapun terkait pelantikan kepengurusan Kadin Kepri dan Kadin Batam Versi Eddy Ganefo.

Editor: Surya