Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Produksi PT Sat Nusapersada Tbk

Wapres dan Gubernur Bangga Smartphone Produksi Batam Diekspor ke Luar Negeri
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 02-02-2019 | 20:06 WIB
satnusa.jpg Honda-Batam
Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla dan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melaunching smatphone yang akan diekspore ke Amerika. (foto: Charles).

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla dan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengaku sangat bangga, produk Smartphone Router hasil kerja sama PT Satnusa Persada Batam dengan Pegatron, diproduksi dan diekspore ke luar negeri.

Hal itu dikatakan Wakil Presiden HM.Jusuf Kala, saat menghadiri Eksport Perdana wireless teknologi tinggi, hasil produksi PT Satnusa Persada dengan Pegatron di Kampung Pelita Kota Batam, Sabtu (3/2/2019).

"Saya memberikan dua penilaian atas produksi perdana berskala internasional ini, apresiasi atas prestasinya dalam memproduksi elektronik ke luar negeri dengan nilai yang lumayan, dan kedua capaian industri elektronik yang terus meningkat," ungkap Jusuf Kalla.

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla juga berjanji, Batam ke depan akan diatur sebaik mungkin.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang datang khusus untuk meresmikan Pengiriman Perdana Produk Fast Router, Wireles Wave 2 ke Amerika Serikat di PT Satnusa Persada itu, juga mengatakan, semua negara saat ini menggunakan teknologi, sehingga sangat membuka peluang besar untuk industri elektronika.

"Dengan meningkatnya produksi industri seperti di Batam ini, akan menambah dan membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Wapres juga meminta, agar suasana kondusif Batam untuk berinvestasi terus dijaga, hinggga investasi dapat meningkat. Dan, untuk menciptakan kondusifitas tersebut, peran dan sinergitas pemerintah daerah, instansi terkait sangat dibutuhkan.

"Batam kedepan akan diatur sebaik mungkin, terutama untuk menghindari dualisme kepemimpinan," ucapnya.

Batam dan Indonesia lanjutnya, harus mengambil kesempatan dari persaingan dagang antara Amerika dengan China dengan menekan biaya produksi, sehingga membuka peluang bagi para investor untuk menanamkan modalnya dan investasinya di Batam.

Kebanggaan yang sama juga diungkapkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, atas produksi perusahaan di Batam yang akan dipakai oleh negara maju seperti Amerika Serikat.

Tidak itu saja, kehadiran Wapres Jusuf Kalla menurutnya, juga sangat memberikan motivasi dan penyemangat bagi pelaku usaha dan industri di Kepri.

"Sukses untuk PT Satnusa Persada atas ekspor perdananya, dan ini menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kepri karena memiliki perusahaan yang mampu memproduksi produk yang dieskpor ke negara lain. Kami juga berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat, terutama Wapres yang sudah hadir meluncurkan produksi perdana ini," ungkap Nurdin.

Menurut Nurdin, selain sektor industri, Kepri juga mengembangkan potensi lain yang dimiliki seperti sektor pariwisata, hingga bisa menjadi sumber pendapatan daerah dan negara.

"Batam dan Kepri akan terus fokus membenahi infrastruktur, terutama penambahan dan pelebaran jalan-jalan," ungkapnya.

Direktur Utama Perseroan Abidin mengatakan, total nilai ekspor perdana PT Satnusa Persada ke Amerika tersebut sebesar 3,7 juta dollar AS.

Abidin juga mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan peningkatan Tingkatan Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari 30 persen menjadi 40 persen sehingga menaikkan nilai perekonomian dan ekspor Indonesia.

"Untuk ekspor smartphone ke negara India, Jerman, dan Prancis, kita patut berbangga karena dikotak luar tertulis "Made in Indonesia," kata Abidin bangga.

Abidin berharap, ke depan akan semakin banyak produk-produk berteknologi tinggi yang dapat diproduksi di Batam, sehingga akan mampu mendorong Indonesia dalam memasuki industri 4.0 serta mewujudkan konsep Smart City di Indonesia.

Smarthome Router yang diproduksi oleh PT Satnusa merupakan router dengan teknologi Fast Router Wireless Wave 2 yang kecepatan transfer datanya mencapai 100x Iebih cepat jika dibandingkan dengan wireless pada umumnya (wireless Type-G).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto, Wakil Gubernur Kepri H Isdianto, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri Amir Hakim, Sekda Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah, FKPD Kepri, Walikota Batam H Muhammad Rudi, Kepala BP Batam Edi Putra Irawadi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim serta Vice Chairman Pegatron Mr Jason Cheng.

Editor: Chandra