Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Dukcapil Kemendagri Diterjunkan Bantu Layanan Dukcapil Maros yang Lumpuh
Oleh : Irawan
Senin | 28-01-2019 | 12:40 WIB
zudan1.jpg Honda-Batam
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrullah

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo telah instruksikan kepada Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrullah untuk terjun ke Sulsel membantu Pemda yang terdampak bencana banjir.

Saat ini kondisi pelayanan Dukcapil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan terhambat, terutama proses perekaman KTP-el. Karena itu, respon cepat kemendagri diapresiasi oleh Pemda dan masyarakat setempat.

"Bencana banjir di Kabupaten Maros telah menenggelamkan Kantor Dukcapil Kabupaten Maros sehingga melumpuhkan pelayanan Dukcapil," ujar Zudan dalam keterangannya, Senin (28/1/2019).

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan upaya cepat untuk memulihkan pelayanan Dukcapil di Kabupaten Maros.

"Hari ini Tim Dukcapil Pusat telah berangkat ke Kabupaten Maros. Insya Allah sebentar lagi sampai lokasi," ungkapnya .

Kondisi saat ini yang merupakan kendala teknis berkenaan dengan peralatan dan perlengkapan layanan Dukcapil, khususnya perekaman KTP-el, dijelaskan juga Zudan bahwa saat ini salah satu kendala di daerah adalah kurangnya printer sehingga pencetakan lambat selesai.

Untuk itu Ditjen Dukcapil Kemendagri bekerjasama dengan BUMN PNRI untuk menyiapkan alat pencetakan di pusat dengan kapasitas 1 mesin bisa sampai dengan 35 ribu perhari.

"Ini akan sangat membantu daerah, yang melakukan pencetakan tetap pegawai Dinas Dukcapil Kabupaten Maris dengan anggaran yang sudah disediakan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK),,"anjut Zudan.

Ia juga berharap dengan diterjunkannya Tim Dukcapil Kemendagri akan cepat mengatasi lumpuhnya pelayanan Dinas Dukcapil setempat.

"Semoga ini dapat mempercepat pencetakan KTP- el di daerah, terutama yang terdampak bencana," pungkasnya.

Editor; Surya