Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Deklarasikan GARBI Depok, Fahri Unjuk Gigi Stand Up Comedy Bersama 4 Komika Kawakan
Oleh : Irawan
Minggu | 27-01-2019 | 08:04 WIB
GARBI-Depok2.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat deklarasi GARBI Depok

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ada yang berbeda di acara deklarasi Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kota Depok, yang berlangsung di sebuah kafe di kawasan Margonda pada Jum’at (26/1/2019) malam lalu.

Deklarasi yang menghadirkan Wakil Ketua DPR RI sekaligus deklarator GARBI itu, Fahri Hamzah diisi penuh canda dan tawa karena dikemas ke dalam pagelaran stand up comedy.

Empat komika kawakan, yakni Fico Fachriza, Heri Horeh, Panca Atis dan Tata Gibrig sukses mengocok perut penonton dengan konsep meledek Fahri Hamzah yang dikemas dalam komedi atau di dunia stand up comedy biasa diistilahkan roasting.

Beberapa isu mulai dari masalah sengketa Fahri dengan PKS hingga prilakunya yang garang di televisi menjadi bahan komedi para komika. Meski demikian Fahri tidak tersinggung, bahkan sesekali ia membalas celoteh komika dengan jokes-jokes lucu yang sukses mengocok perut penonton.

Menurut Fahri acara semacam ini harus sering dilakukan terhadap pejabat negara. Karena mencerminkan negara demokrasi, bukan kerajaan yang dipenuhi kesakralan.

"Seharusnya pejabat negara harus dikerjain rutin, disindir, dihantamkan gitu. Karena yang jadi pemimpin jadi bagian rakyatnya," kata Fahri.

Acara semacam ini, sambung Fahri mirip dengan yang dilakukan pemerintahan Amerika. Di mana setiap tahun para komika diundang ke gedung putih untuk mengerjai presidennya.

Menurutnya, semasa menjabat pemimpin Negeri Paman Sam, Barack Obama yang paling sering hadir dibandingkan Presiden Donald Trump.

"Donald Trump jarang hadir konpres apalagi roasting kayak tadi. Dia senengnya ngetweet jam 3 malam. Makanya di Amerika sekarang paham yang radikal itu bagian dari mundurnya demokrasi Amerika. Pemerintahannya ditutup. Hampir sejuta pegawai federal gak dapat gaji," ungkap anggota DPR dari dapil NTB itu.

Editor: Surya