Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikerjakan dari 2019-2020

Pembangunan Pelabuhan Penagih di Natuna Habiskan Dana Rp8 Miliar Lebih
Oleh : Kalit
Rabu | 02-01-2019 | 16:00 WIB
8-m-penagih.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perhubungan Natuna, Iskandar DJ. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna akan mengucurkan APBD sebesar Rp8 miliar lebih pada 2019 dan 2020 untuk membangun Pelabuhan Penagih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar DJ, di mana proyek tersebut dikerjakan secara bertahap mulai 2019 sampai 2020. "Total anggaran untuk proyek pelabuhan ini Rp8 miliar lebih," ujarnya, Rabu (2/1/2019).

Dijelaskannya, untuk tahun 2019 ini, anggaran yang dikucurkan dari APBD sebesar Rp1,8 miliar, untuk pemsangan pancang dan tiang pelabuhan. Sementara sisanya, akan dilanjutkan pada penganggaran berikutnya.

"Pelabuhan Penagih ini akan dibangun dengan panjang 70 Meter dan Lebar 4 Meter. Nantinya di pelabuhan ini kapal besar ukuran 200 GT sudah bisa bersandar," jelasnya.

Setelah proyek pelabuhan ini rampung, sambung Iskandar, perekonomian masyarakat akan meningkat, di mana akan ada aktivitas bongkar muar barang dan masyarakat sekitar juga bisa berdagang seperti dulu.

Sementara itu, untuk akses jalan ke pelabuhan, kata Iskandar, sekarang tengah dikoordinasikan dengan pihak kecamatan dan kelurahan. "Sekalian juga mencari lahan untuk parkiran roda empat ke atas," ujarnya.

Kampung Tua Penagih merupakan wilayah sentral perdangan pada masa lampau di Kabupaten Natuna. Dengan adanya pelabuhan, sentra perdagangan ituakan dibangkitkan kembali.

Editor: Gokli