Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Promosikan UMKM Daerah, Ibu Mendagri Kunjungi PLUT Kabupaten Lima Puluh Kota
Oleh : Irawan
Minggu | 23-12-2018 | 08:32 WIB
erni_jahjo.jpg Honda-Batam
Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Pusat sekaligus Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke Kabupaten Lima Puluh Kota dan Padang Pariaman

BATAMTODAY.COM, Padang Pariaman - Istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Pusat sekaligus Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) memiliki hobi yang hampir sama dengan suaminya, Tjahjo Kumolo dalam hal selera seni dan kerajinan daerah.

Memiliki tanggungjawab sebagai Pimpinan Dekranas dan PKK Pusat, menambah semangat Erni untuk mengunjungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah yang beliau kunjungi.

Setibanya di Bandara Internasional Minangkabau, Erni langsung bergerak menuju ke Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 130 km ke arah utara Bandara. Perjalanan yang lumayan jauh harus ditempuh oleh seorang Istri menteri yang sudah menginjak umur 61 tahun tersebut.

"Gapapa perjalanan jauh, saya pengen liat bagaimana PLUT itu. Katanya Pak Jokowi juga sudah pernah ke sana," kata Erni di Padang Pariaman dalam keterangannya, Sabtu (22/12/2018)

Menurutnya, perjalanan yang hampir menyita waktu 4 jam tersebut tidak terasa karena pemandangan sepanjang jalan sangatlah indah. Terhampar sawah terasering yang menjernihkan mata ditambah dengan deretan gunung yang berbaris rapi di sepanjang jalan.

"Sawahnya indah sekali lho. Sepanjang jalan gunung berbaris tapi dengan diselimuti kabut di atasnya. 130 km perjalanan gak terasa sama sekali," jelas Erni.

Sesampainya di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Lima Puluh Kota, Erni dan rombongan dibuat takjub dengan berbagai hasil usaha yang dibuat sendiri oleh masyarakat.

"Ternyata masyarakat Sumatera Barat memiliki bakat yang luar biasa, terutama hasil tenunnya. Ini murni industri rumahan," ungkap Erni sembari melihat lihat koleksi tenun dan songket yang terpajang," katanya.

PLUT Kabupaten Lima Puluh Kota adalah lembaga yang menyediakan jasa non-finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro kecil menengah dalam bentuk pendampingan di 5 (lima) bidang, mulai dari kelembagaan, sumber daya manusia, produksi, pembiayaan, sampai dengan pemasaran.

Erni berharap nantinya makin banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri mulai berkunjung ke Sumatera Barat.

"Sumatera Barat tak hanya Padang dan Bukuttinggi, masih banyak tempat indah dan berbagai kerajinan unik seperti tenun dan songket di Lima Puluh Kota ini yang wajib kita kunjungi," tambah Erni.

Bupati Lima Puluh Kota Bapak Irfendi Arbi yang hadir dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ibu Erni ke tempat tersebut. Beliau berharap dengan kedatangan Ibu Erni, akan semakin mendorong masyarakat untuk berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Kami bersama masyarakat mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ibu Ketua Harian Dekranas, semoga makin banyak wisatawan yang melancong kesini setelah Ibu berkunjung," tutup Irfendi.

Editor: Surya