Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hanya Hitungan Menit, Tim Macan Polresta Barelang Bekuk Pelaku Curanmor
Oleh : Romi Chandra
Senin | 10-12-2018 | 15:04 WIB
bb-ranmor-polresta1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Tim Macan Polresta Barelang periksa nomor rangka BB motor curian. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Erizal dan Bayu, diamankan Tim Macan Satreskrim Polresta Barelang.

Berawal dari tertangkapnya Erizal oleh warga, kemudian diserahkan ke kepolisian, dan hanya hitungan menit, Bayu turut dibekuk setelah dilakukan pengembangan oleh Tim Macan yabg dipimpin Kasubnitnya, Ipda Haris Baltasar Nasution, Sabtu (8/12/2018) kemarin.

Pencurian itu, terjadi akibat kelalaian korban yang memarkirkan motor Yamaha Mio Soul GT miliknya di pinggir jalan dekat Cafe Kongkow, Batam Center dengan kunci melekat pada motor, sekitar pukul 14.00 WIB.

Hal itu menarik perhatian kedua pelaku yang diduga sengaja berkeliling Batam mengendarai sepada motor untuk mencari target.

Alhasil, pelaku yang kebetulan lewat langsung berhenti dan mendekati sepeda motor. Merasa aman, salah satu pelaku, Bayu, turun dari motor dan langsung naik ke atas kotor korban serta menyalakannya. Begitu menyala, pelaku langsung tancap gas.

Sementara Erizal, saat hendak kabur, sepeda motor yang dikendarai mengalami bocor ban. Akibatnya, ia tidak bisa kabur dan menggiring sepeda motor ke tempat tambal ban terdekat.

Ternyata aksi itu juga tampak oleh korban dan warga yang berada tidak jauh dari motor diparkirkan. Sehingga, pengejaran langsung dilakukan dan Erizal berhasil diamankan.

Erizal, langsung dibawa ke Mapolresta Barelang dan ditindaklanjuti oleh Tim Macan Satreskrim. Pengembangan langsung dilakujan dengan mencari keberadaan Bayu yang membawa kabur motor hasil curian tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, saat dikonfirmasi mengatakan, ini merupakan gerak cepat tanggap yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kenyamanan di tengah masyarakat.

Pengembangan yang dilakukan untuk mengejar tersangka lainnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak sampai 30 menit dari penyerahan pelaku pertama, keberadaan Bayu diketahui dan pengejaran dilakukan.

"Satu pelaku lagi berhasil diamankan di rumahnya, ruli kawasan Baloi Kolam. Ia masih di rumah karena menunggu kedatangan rekannya, Erizal, yang sudah lrbih dulu diamankan," ujar Andri, Senin (10/13/2018).

Ditambahkan, saat Bayu dibekuk, sepeda motor hasil curian itu diparkirkan di depan rumahnya dengan kondisi ditutupi kain. Sementara plat nomor motor juga sudah dicopot.

"Plat motor sudah dicopot pelaku. Didga baru sampai dirumah, platnya langsung dilepas. Motor itu juga ditutupi pelaku agar tidak ketahuan," jelasnya.

Saat ini kedua pelaku masih dalam pemeriksaan dan sudah mendekam di balik jeruji tahanan Polresta Barelang. "Kita masih dalami apakah ada TKP lain tempat pelaku beraksi," tambah Andri.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar bisa lebih waspada dan tidak meninggalkan kunci pada motor saat diparkirkan. "Kondisi ini dapat mengundang perhatian dan memberikan kesempatan pada pelaku meski sebelumnya tidak ada niat untuk mencuri," pungkasnya.

Editor: Yudha