Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pusmanita Mersing Takjub dengan Keindahan Karya Daur Ulang di Galeri Nazdin
Oleh : Wandy
Senin | 10-12-2018 | 10:40 WIB
galeri-nazdin.jpg Honda-Batam
Ketua rombongan pengurusi daerah Mersing, Halimah menunjukkan hasil kerajinan tangan di Galeri Nazdin, Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Nazaruddin, pemilik Galeri Nazdin, sumringah luar biasa menyambut kedatangan Pengurus wanita (Puspanita) dari daerah Mersing, Johor Malaysia, di galerinya, Gang Awang Noor, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Minggu (9/12/2018).

Kunjungan rombongan Pusmanita Mersing ke Galeri Nazdin, untuk melakukan pertukaran ilmu dari para pelaku usaha pengrajin di Karimun. Mereka menilai masyarakat Karimun sangat kreatif --mampu mengubah limbah menjadi sesuatu yang indah, dibandingkan masyarakat di daerahnya.

Galeri Nazdin yang memproduksi hiasan-hiasan dinding serta hiasan meja yang diolah dari kulit kerang, menarik perhatian rombongan Puspanita Mersing untuk dipelajari dan dijadikan contoh bagi wanita-wanita Mersing Malaysia.

Ketua rombongan Pusmanita Mersing, Halimah, mengaku takjub melihat keindahan kerajinan daur ulang masyarakat Karimun di Galeri Nazdin, yang diolah dari limbah.

"Mereka pandai menggunakan barang hasil semula jadi, ape-ape barang bekas orang tak kesahkan macam kulit kerang ini yang biasanya selalu terbuang. Tetapi mereka berpikir bahwa ini bisa dijadikan uang untuk mencari rejeki," kata Halimah.

Setelah melakukan kunjungan di Karimun ini, pihaknya akan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan nanti di Malaysia. "Pemikiran kreatif yang kami dapatkan di sini, kelak akan kami terapkan di Mersing, Johor Malaysia. Itulah tujuan utama kami, dan kami akan menerima kunjungan balasan dari perwakilan Karimun ke Malaysia," katanya.

Menurut dia, pihaknya melihat para pelaku usaha di Karimun saat dirinya berkunjung saling bekerja sama dengan baik antara pelaku usaha dengan pemerintah sehingga barang-barang tersebut selalu dipasarkan.

"Karena kalau ade yang buat tetapi tak ada yang memasarkan sama saja produk tidak akan jadi. Kerja sama antara satu dengan yang lain inilah untuk mencapai kesuksesan dan itu saye liat ada di sini," katanya.

Nazaruddin pun mengaku bangga karena galerinya hendak dijadikan contoh bagi negara tetangga. "Siapa yang menyangka akan seperti ini, tentu membuat saya bangga atas kunjungan para pengusaha wanita dari negara tetangga tersebut," ujarnya.

"Terlebih lagi, karya daur ulang saya mau dicontoh. Karena tujuan saya selain untuk menafkahi keluarga, saya juga ingin memotivasi dengan kreatifitas kita dapat membuat yang tidak layak menjadi bernilai," kata pria yang akrab disapa Nazar itu.

Ketua Rumah Kreatif BUMN Kabupaten Karimun, Frengky, yang juga turut serta menerima kunjungan Puspanita Mersing, menambahkan, dari 50 pelaku usaha yang aktif di Karimun, pihaknya hanya merekom tiga pelaku usaha saja yang dikunjungi Puspanita Mersing Johor Malaysia.

"Mengingat waktu yang tidak terlalu banyak maka pelaku usaha dari Galery Nazdin dan dua pengusaha kuliner seperti Benar Benar Mantap (BBM) dengan produknya kripik bayam serta Rosidah Kraf dengan produknya kue coklat. Kita berharap dengan adanya study banding ini, dapat berbagi ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak," katanya.

Editor: Gokli