Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Efektivitas Program Basembang Kapolda Kepri, Meminimalisir Gejolak Kamtibmas
Oleh : Hendra Mahyudhy
Kamis | 29-11-2018 | 12:52 WIB
kapolda-kepri11.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto berbincang dengan mantan Wagub Kepri, Soerya Respationo. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program Basembang Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto telah berjalan selama tiga bulan. Tiga Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam tiga bulan adalah suatu kinerja yang mengagumkan.

Saat sesi wawancara dengan awak media selapas memberi kuliah umum di Kampus Universitas Batam (UNIBA), Rabu (28/11/2018) malam, Kapolda Kepri mencoba menjelaskan perihal programnya tersebut.

"Sebetulnya begini, ini sebagai upaya 'cooling system' untuk mereduksi berbagai macam permasalahan yang ada," katanya.

Andap melanjutkan bahwa program Basembang bercerita Kamtibmas ini juga mengangkat kearifan lokal yang ada di wilayah Kepulauan Riau.

"Kita mengangkat kearifan lokal yang ada di sini, nanti juga ada stakeholders, kemudian masyarakat termasuk juga media," lanjutnya.

Menurutnya, Basembang ini juga lebih menitikberatkan kepada permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Menimalisir sedini mungkin dan mengantisipasi setiap permasalan agar tidak semakin membesar.

"Apa sih permasalahan yang ada di tengah masyarakat kita. Sehingga secara dini, secara awal kita bisa mengantisipasi. Karena kalau menunggu dulu tau-taunya nanti permasalahan itu menjadi besar," paparnya.

Andap juga memaparkan, dalam konteks pemilu, Basembang juga bisa disebut menjadi cooling system. "Untuk pendingin, hal ini sama seperti mesin, panas boleh panas tapi tidak boleh over heat, kalau sudah overheat ini kan bisa meledak," tegasnya.

Tidak hanya pemilu, Basembang juga berhubungan dengan permasalahan lain yang ada di masyarakat terutama yang berkaitan dengan masalah kamtibmas.

"Kemudian kalau kita juga mengindentifikasikannya sebagai hal lain. Nanti akan kita salurkan sesuai dengan kompetensinya. Artinya segala aspirasi masyarakat itu ditampung," ujar Andap.

Saat ditanyakan perihal antensi program ini, Kapolda Kepri menyatakan, "Sepanjang saya di sini teman-temankan bisa lihat, udah ada berapa yang OTT?"

Sebagai penutup, Andap juga berharap untuk terus selalu ada masukan dari setiap sisi, terutama wartawan sebagai corong berita ke masyarakat.

"Saya kan tiga bulan di sini artinya juga saya berharap masukan dari teman-teman semua perihal ini," pungkasnya.

Editor: Yudha