Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gairahkan Perekonomian Batam

Sinar Mas Land Beri Tawaran Menarik bagi Buyer Asing
Oleh : Saibansah
Senin | 19-11-2018 | 11:40 WIB
rumah-orang-asing.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama dengan General Manager Palm Spring Golf & Resort, Steven Japari (kiri) dan Margiman, Strategic Development Divisi Head Sinarmas Land. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga negara Singapura dan Malaysia, berpeluang memiliki rumah di Batam dengan harga lebih murah sekitar 20 persen dibandingkan dengan harga properti di Johor Bahru Malaysia. Apalagi, jika dibandingkan dengan harga properti di Singapura, pasti jauh lebih murah.

Itulah makanya, kehadiran kota mandiri Nuvasa Bay di Nongsa Batam menjadi pilihan menarik bagi warga negara asing. "Kita bersama REI sudah ke pusat, minta agar syarat kepemilikan landed house bagi warga negara asing dipermudah," ujar Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo saat Groudbreaking Ceremony The Nove Residences, di Palmspring, Nongsa, Kota Batam, Sabtu (17/11/2018) lalu.

Lukita menambahkan, kemudahan yang akan diberikan seiring dengan kebijakan dari pemerintah pusat terkait kepemilikan properti bagi orang asing.

"Ini berkaitan dengan status per orang (WNA) yang masuk, tinggal, dan bekerja di Batam. Artinya bahwa kemudahan yang akan kita berikan sejalan dengan kebijakan pemerintah tadi," papar Lukita.

Baca: Sinar Mas Land Groundbreaking Landed House The Nove Nuvasa Bay

Selain menggandeng REI dalam pengurusan perizinan, BP Batam juga akan melakukan konsultasi dengan kementerian/lembaga terkait. WNA dan TKA akan mudah memiliki properti lewa Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas).

"Kita inginkan dan harapkan ada revisi Kitas. Kalau tidak salah ada jaminan bagi pekerja asing (WNA). Namun itu tidak cukup, karena untuk membeli properti di Indonesia tidak cukup hanya mengandalkan jaminan tersebut," lanjutnya.

Untuk itu, masih kata Lukita, BP Batam akan mengupayakan memberikan jaminan kepada orang asing agar bisa membeli properti di Batam. BP Batama juga akan membicarakan soal kepemilikan NPWP bagi warga asing yang tinggal dan bekerja di Batam.

"Bila ingin mendapatkan properti di Batam. Kita akan bicara dengan REI untuk bersama-sama menggodok kemudahan bagi orang asing membeli properti di Batam," tuturnya.

Sementara itu, General Manager Palm Spring Golf & Resort, Steven Japari mengatakan, kehadiran Nuvasa Bay, sebuah kawasan properti terlengkap dan terbesar di Nongsa, makin menjadikan Nongsa sebagai ikon baru di wilayah timur Kota Batam.

"Di atas lahan seluas sekitar 400 hektare, kami membangun kawasan bernama Nuvasa Bay. Kawasan terlengkap dan terbesar, dimana semua fasilitas mulai apartemen, rumah, sekolah, rumah sakit, sarana bermain, dan lapangan golf terluas ada di sini," ujar Steven Japari.

Sedangkan, Margiman, Strategic Development Divisi Head Sinarmas Land, mengatakan, ada tiga tower apartemen The Nove yang segera dibangun di kawasan Nuvasa Bay, Nongsa. Dua dari tiga tower apartemen tersebut bernama Kalani dan Kaina.

"Saat ini, tower Kaina sudah terjual 98 persen. Sedangkan Kalani sudah terjual 25 persen atau 50 unit dari total keseluruhan apartemen yang ada. Dari total apartemen yang terjual, sekitar 20 persen dibeli oleh WNA, sisanya orang lokal di Kepulauan Riau, termasuk Jakarta, Bandung, dan Surabaya," ujar Margiman.

Editor: Dardani