Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT Timah Tbk Salurkan Dana Pinjaman Kemitraan Rp1,4 M Triwulan II Tahun 2018
Oleh : Wandy
Kamis | 05-07-2018 | 09:52 WIB
salurkan-dana.jpg Honda-Batam
PT Timah (Persero) Tbk Wilayah Operasi Kepri dan Riau melalui Divisi CSR menyalurkan dana kemitraan untuk pelaku usaha di Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - PT Timah (Persero) Tbk Wilayah Operasi Kepri dan Riau melalui Divisi CSR kembali menyalurkan pinjaman modal kerja kepada para mitra binaannya dalam Program Kemitraan Triwulan II tahun 2018 di Kabupaten Karimun dan Meranti yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kecamatan Kundur.

Sebanyak 33 pelaku UMKM di dua wilayah tersebut akan menandatangani akad pinjaman dengan total dana yang dikucurkan sebesar Rp1,404 miliar, terdiri dari 23 mitra binaan di Kabupaten Karimun sebesar Rp834 juta dan 10 mitra binaan di Kabupaten Meranti sebesar Rp570 juta.

Di mana penandatanganan akad tersebut dilaksanakan pada Rabu (4/7/2018) dan Kamis (5/7/2018) besok di tempat yang sama.

Kadis Perdagangan Koperasi UMK & ESDM yang diwakili Kabid UMKM Nadra mengucapkan banyak terima kasih kepada PT TIMAH yg sudah menyalurkan Bantuan CSR Rp1 miliar, Dana Kemitraan bergulir Rp1,4 miliar dengan total Rp2,4 miliar.

"Kita berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut. Dan yang menerima bantuan juga dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin. Terima kasih juga kepada PT Tima yang telah melaksanakan pelatihan seperti Pewter Timah dan Batik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Amin Haris Sugiarto melalui Kepala Divisi CSR Ali Syamsuri mengatakan bahwa program bantuan bagi pelaku UMKM ini merupakan bagian dari program kemitraan sekaligus implementasi dari tanggung jawab sosial perusahaan.

"Program Kemitraan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan sebagaimana diamanatkan melalui peraturan Menteri BUMN nomor per-OZ/MBU/7/2017 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri BUMN pers-OQ/MBU/7/2015 tentang progran kemitraan dan bina lingkungan," kata Ali Rabu (4/7/2018).

Ali juga menyampaikan penyaluran program Kemitraan PT Timah tahun 2018 sudah memasuki tahap dua. Program tersebut dilakukan di seluruh wilayah operasional yakni Bangka, Belitung, Karimun Kundur dan Meranti dengan total Rp8,5 miliar.

Lebih jauh Ali menjelaskan program Kemitraan CSR PT Timah Tbk dibagi menjadi delapan sektor yakni perdagangan, industri, jasa, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan dan koperasi. Untuk total sebanyak 198 mitra binaan yang bisa terealisasi dari sejumlah 243 berkas pengajuan.

"Kami berharap dengan program ini pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Karimun dapat terbantu dan semakin berkembang," ucapnya.

Soal pengembalian bantuan, Ali menjelaskan bahwa mitra diberikan waktu selama 2 tahun. Nantinya, pengembalian pertama akan dimulai setelah bulan ketiga berjalan.

"Masyarakat yang menjadi mitra usaha tidak langsung bulan depan membayar angsuran. Pengembaliannya di bulan ketiga, artinya ada dua bulan masa tenor masyarakat mempersiapkan usahanya," katanya.

"Adapun biaya bunga sebesar 3 persen akan diperuntukkan kepada mitra usaha sendiri namun dalam bentuk pelatihan, pameran maupun hal lain terkait promosi untuk menunjang usaha mereka," tutupnya.

Editor: Gokli