Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Personil TNI-Polri Kawal Ketat Rekapitulasi Surat Suara di Kantor Kecamatan
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 29-06-2018 | 15:28 WIB
rekap-kecamatan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Petugas sedang memindahkan kotak suara ke kantor Kecamatan dengan pengawalan ketat personil TNI-Polri. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puluhan personil gabungan TNI dan Polri menjaga ketat rekapitulasi surat suara Pilwako Tanjungpinang yang dilaksanakan di setiap Kantor Kecamatan di Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan sejauh ini tahapan memasuki rekapitulasi surat suara di kecamatan. Setiap kantor kecamatan dikawal ketat personil pengamanan Pilkada.

"Sejauh ini pelaksanaan penghitungan suara berjalan aman dan lancar. Kami bersama TNI menjaga ketat penghitungan di setiap kantor camat," ujar Ucok saat dikonfirmasi, Jumat (29/6/2018).

Ucok menuturkan, penyelenggara dalam hal ini Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan KPU sudah melaksanakan perhitungan suara. Sejauh ini belum ditemukan adanya gangguan karena seluh pihak sama-sama menjaga situasi agar suasana tetap aman dan lancar.

"Kami belum ada menemukan pelanggaran-pelanggaran dan gangguan dalam proses perhitungan surat suara. Hal itu terwujud dari peran serta dari masyarakat," katanya.

Dalam penjagaan dan pengamanan perhitungan surat suara untuk personil yang diturunkan ada satu pleton dibantu personil TNI. Satu regu dipimpin masing-masing Kapolsek.

"Kurang lebih ada sekitar 30 sampai 40 personil gabungan TNI dan Polri berjaga disetiap Kantor Kecamatan," paparnya.

Ia menambahkan, peran serta masyarakat sangat mendukung terciptanya tahapan Pilkada di Tanjungpinang yang aman dan damai. "Kami berharap kondisi ini tetap terjaga. Pengamanan ini kami lakukan sampai kepada acara pelantikan kepala daerah yang terpilih nantinya. Siapapun nanti yang terpilih bisa tetap menjaga situasi yang kondusif," tutupnya.

Editor: Yudha