Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Registrasi Hingga Tengah Malam, Nomor Prabayar Hangus
Oleh : Redaksi
Selasa | 01-05-2018 | 09:40 WIB
jual-nomor1.jpg Honda-Batam
Pelanggan seluler yang tidak registrasi hingga Selasa (1/5) malam ini, nomornya akan otomatis hangus. (Sumber foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan akan menganggap semua nomor seluler prabayar hangus jika tidak melakukan registrasi ulang hingga 1 Mei pukul 00.00. Pernyataan ini otomatis mengubah regulasi yang sebelumnya telah ditentukan Kemenkominfo.

"Enggak bisa (registrasi). Karena kan jadwalnya terakhir memang 30 April, yang sekarang itu kan tidak bisa kirim SMS kecuali ke SMS 4444 dan datanya yang aktif, tapi sejak besok pukul 00.00 semuanya tidak aktif lagi," terang Menkominfo Rudiantara saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (30/4).

Disebutkan pula semua layanan mulai dari SMS, telepon, hingga data internet dari nomor yang belum diregistrasi juga akan diblokir.

Berbanding terbalik, beberapa hari silam Kemenkominfo mengumumkan registrasi ulang nomor seluler untuk pelanggan lama masih bisa dilakukan kendati sudah lewat tanggal 30 April.

Namun ketika ditemui hari ini, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Ahmad Ramli membenarkan ucapan Rudiantara di atas. Menurutnya keterangan beberapa hari lalu meleset dari yang mereka maksudkan.

Ramli menjelaskan registrasi ulang bisa dilakukan sepanjang pemblokiran masih sebatas SMS dan telepon saja. Namun selepas lewat pukul 00.00 pada 1 Mei besok, semua nomor yang belum menuruti kebijakan itu tak akan lagi bisa dipakai.

"Mungkin itu agak miss sedikit ya," dalihnya.

Menurut Ramli keputusan ini baru diambil dalam rapat bersama sang menteri dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pada hari ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin