Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Kronologis Penangkapan Empat Pelaku Curat Lintas Negara di Batam
Oleh : Romi Chandra
Jumat | 20-04-2018 | 14:40 WIB
curat-lagi1.jpg Honda-Batam
Penangkapan empat pelaku curat di Batam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penangkapan yang dilakukan terhadap empat pelaku pencurian uang Rp 50 juta di parkiran Apartemen Sky Garden Pelita, dibekuk di lokasi yang berbeda.

Berawal dari kejadian di Sky Garden pada Senin (9/4/2018), Tim Macan Barelang langsung melakukan penyelidikan untuk mencari tahu pelaku. Aksi tersebut juga terekam kamera CCTv yang ada di lokasi.

Dari pengembangan yang dilakukan, petugas awalnya mendapatkan mobil dan sepeda motor yang digunakan pelaku sesuai dengan rekaman CCTv lokasi. Kemudian didapat kembali informasi bahwa pelaku berada di Kampung Mangga, Nongsa.

Hari Rabu (18/4/2018), tim langsung bergerak ke daerah tersebut. Sekitar pukul 00.30 WIB, satu pelaku, Dani Efendi (sebelumnya ditulis Erwin Aprianto) berhasil dibekuk.

Polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan unyuk memperingati Dani agat tidak mencoba kabur. Namun ia tidak mehiraukan sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki.

Dari interogasi awal terhadap Dani, dilakukan pengembangan kembali dan Joni Pranata berhasil dibekuk. Menyusul setelah itu Asep dan Sugeng juga turut diringkus di salah satu kamar hotel kawasan Nagoya.

Sama halnya dengan Doni, ketiga pelaku lainnya juga mencoba melarikan diri sehingga dilumpuhkan dengan tembakan pada bagian kaki.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, sebelumnya juga mengatakan, penangkapan itu dilakukan kemarin subuh, Rabu (18/4/2018). Penangkapan pelaku itu, memakan waktu dari pukul 00.30 WIB hingga pukul 04.00 WIB dikarenakan lokasi yang berbeda.

"Empat terduga pelaku sudah berhasil dibekuk. Mereka terpaksa dilumpuhkan karena melawan petugas dan mencoba kabur," ungkap Andri, Kamis (19/4/2018).

Empat orang pelaku ini, merupakan pelaku pencurian spesialis antar negara. Mereka yang bernama Sugeng (43), Dani Efendi (36), Asep Permana (37) dan Joni Pranata (29), juga beraksi di beberapa negara tetangga, seperti Brunei, Kamboja, Malaysia, Thailand dan negara lainnya.

Editor: Yudha