Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 5 Makanan Kaya Serat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-04-2018 | 11:04 WIB
jamur-01.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Serat adalah kandungan terpenting dalam bahan makanan, terutama untuk orang yang sedang diet. Mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan serat memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Tidak hanya membantu pencernaan, serat memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan gula darah, menahan rasa lapar, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Bahkan, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat setiap hari akan menurunkan resiko terkena stroke dan hipertensi.

Sebaliknya, kurang mengkonsumsi serat akan menyebabkan susah buang air besar, kenaikan gula darah, dan resiko terkena stroke. Selain baik untuk kesehatan, sifat serat yang menahan lapar membuatnya menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet.

Ditambah lagi, serat dapat membantu merawat kesehatan kulit dan mencegah jerawat serta jamur pada kulit.
Berikut beberapa bahan makanan yang wajib Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat.

1. Oat

Oat atau haver adalah bijian sereal utuh yang kaya akan serat dan nutrisi. Kandungan kalorinya yang rendah membuat oats sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Ketika mengkonsumsi oatmeal pada sarapan, maka perut akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Sebagai pengganti nasi dan roti pada saat sarapan, campurkanlah oatmeal dengan potongan buah dan dijamin perut akan tahan kenyang hingga siang.

2. Lentil

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang lentil dapat membantu mengurangi kadar kolesterol buruk dan menurunkan risiko penyakit jantung hingga lima persen. Kacang lentil kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk dijadikan makanan diet.

Secangkir lentil jika dimasak hanya mengandung sekitar 230 kalori saja, tetapi bisa mengenyangkan perut dalam waktu lama. Selain itu, lentil juga mengandung segudang nutrisi, seperti vitamin, protein, dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung, kestabilan gula darah, dan kandungan kolesterol.

3. Buah

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sudah bukan rahasia lagi. Buah seperti apel, beri-berian, pisang, dan pir merupakan sumber serat yang baik dan berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan serta mampu mengurangi dan mencegah resiko penyakit stroke, hipertensi, juga penyakit jantung. Beberapa buah seperti apel dan pir lebih baik dikonsumsi dengan kulitnya yang juga merupakan sumber serat.

4. Sayur

Seperti buah, sayur juga merupakan sumber serat yang tinggi. Sayur-sayuran dari keluarga cruciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis kaya akan kandungan nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh. Sayur-sayuran tersebut mengandung beta karoten, folat, serta vitamin C, E, dan K, yang dapat mencegah berbagai penyakit, terutama menekan migrasi sel kanker. Bahkan, sebuah penelitian mampu membuktikan bahwa sayur-sayuran cruciferous dapat mengurangi resiko kanker payudara.

5. Jamur

Jamur adalah sumber nutrisi dan serat yang mudah ditemukan dan sangat sehat untuk tubuh. Cita rasa yang lezat juga membuatnya sebagai bahan makanan favorit.

Sederet manfaat jamur bagi kesehatan tubuh di antara lain adalah melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi karena kandungan alami protein, vitamin, mineral, asam amino, antioksidan, dan antibiotiknya. Selain ampuh menurunkan berat badan karena kandungan protein tinggi dan karbohidratnya yang rendah, jamur juga merupakan obat yang dapat mencegah penyakit kanker payudara dan kanker prostat.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli