Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 10 Tipe Yoga dan Manfaatnya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-04-2018 | 14:28 WIB
yoga1.jpg Honda-Batam
Yoga.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Yoga merupakan salah satu olah tubuh yang terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh baik secara fisik ataupun psikologis.

Yoga yang juga merupakan bentuk meditasi ini terdiri dari beragam tipe. Masing-masing jenis yoga itu memiliki tingkat kesulitan dan menawarkan manfaat yang berbeda-beda.

Tipikal yoga bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kecocokan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan jenis-jenis yoga beserta manfaat yang ditawarkannya:

1. Ashtanga
Yoga yang berasal dari ajaran kuno ini menghubungkan setiap gerakan dengan tarikan nafas. Yoga ashtanga biasanya melakukan gerakan dalam urutan tertentu tanpa henti. Tarikan nafas pada yoga ini berfungsi untuk memusatkan pikiran sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan.

2. Hatha
Yoga hatha memiliki gerakan yoga dasar. Dalam yoga ini, setiap orang bisa menentukan gaya dan kecepatan dalam gerakan yang diinginkan. Yoga ini cocok untuk pemula.

3. Vinyasa
Jenis yoga ini hampir serupa dengan ashtanga dan hatha. Yoga ini memiliki sekitar 12 gerakan yang dapat memperkuat kondisi tubuh. Yoga ini pas untuk pemula atau ahli.

4. Restoratif
Yoga restoratif cocok untuk meredakan peregangan, cedera dan stres dengan gerakan yang santai dan menenangkan.

5. Bikram/Hot Yoga
Yoga dalam ruangan panas sekitar 35-37 derajat celcius ini menawarkan rangkaian pose yang bervariasi. Setidaknya bikram memiliki 26 rangkaian gerakan. Panas dalam ruangan ini membantu untuk detoksifikasi tubuh.

6. Kundalini
Jenis yoga ini melakukan pendekatan spiritual dan filosofis untuk meningkatkan kesadaran pikiran. Kundalini membuat energi dapat menjadi meditasi.

7. Kripalu
Yoga kripalu bakal menuntun setiap orang yang melakukannya untuk menemukan jati diri. Yoga ini fokus pada pengembangan diri dengan gerakan-gerakan yang membuat terhubung dengan tubuh.

8.Iyengar/Anusara
Yoga ini melibatkan beberapa alat peraga seperti tali dan balok. Untuk kelas pemula sebaiknya mencoba yoga Anusara karena gerakan lebih mudah dilakukan. Sedangkan pada yoga iyengar, beberapa gerakan cenderung dilakukan dengan lambat dalam tempo yang lama.

9. Power Yoga
Yoga ini menekankan pada penggunaan otot sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak. Yoga ini sering kali dianggap yoga dengan gaya paling atletik.

10. Prenatal
Yoga ini paling tepat untuk untu calon ibu yang tengah mengandung. Yoga prenatal dapat meningkatkan kekuatan dan mengatur pernapasan sekaligus menghilangkan rasa sakit di masa kehamilan. Mengutip Health Fitness Revolution, beberapa jenis yoga lain seperti jivamukti, viniyoga, sivananda dan lainnya juga dapat menjadi pilihan untuk olah tubuh dan meditasi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha