Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cacing Hidup Bersemayam di Paha Bayi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 06-01-2012 | 13:22 WIB
bunga.gif Honda-Batam

Di paha bayi mungil inilah, cacing itu hidup dan bersemayam sejak beberapa pekan lalu. (Foto: Roni/batamtoday).

BATAM, batamtoday - Seekor cacing diketahui hidup di paha kanan Bunga Kharisma Karim, bayi berusia tiga bulan anak Wira yang tinggal di kawasan Seraya, Batam. 

 

Saat ditemui di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) pada Jumat (6/1/2012), Bunga tampak ceria meski cacing itu beraktivitas di tubuh mungilnya. 

"Kadang cacingnya terdeteksi di bawah paha kemudian mendekat ke bagian kemaluan. Selalu berpindah-pindah dan setiap cacingnya berjalan, dia merasa hingga tegang kakinya dan  meninggalkan bekas merah dan membiru," kata Wira kepada batamtoday

Diceritakan oleh Wira, sejak dua minggu yang lalu keluarga sempat bingung karena anaknya sdering rewel dan menangis. setelah diperiksa, ditemukan hal yang janggal di tubuh Bunga. Saat diraba, ada suatu benda yang bersarang di paha bagian belakang. 

"Benda itu bergerak-gerak. Karena khawatir, langsung periksakan ke bidan yang mengatakan kalau itu cacing," ujar Wira. 

Lanjut Wira, saat itu bidan yang memeriksa juga merasa bingung karena bayi yang masih sangat muda tersebut bisa ada cacing dalam tubuhnya. 

"Bidan bingung karena usianya masih 3 bulan. Kalau usianya sudah 3 tahun sampai 4 tahun bisa jadi karena main tanah jadi masuk cacing," tuturnya. 

Dia juga merasa bingung dengan penyakit yang menimpa putrinya. Padahal selama ini selalu memberikan makanan dari ASI dan susu bantu. Setelah diperiksa, dokter mengatakan bahwa di tubuh bunga terdapat larva cacing dan diberikan obat untuk diminum.

"Katanya larva cacing, seminggu lagi kami disuruh balik lagi ke rumah sakit untuk memeriksakan kembali penyakit anaknya," terangnya.