Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manfaat Mengonsumsi Madu Sebelum Tidur
Oleh : Redaksi
Kamis | 29-03-2018 | 12:54 WIB
madu-malam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bila Anda sulit tidur, boleh jadi teman menyarankan minum secangkir susu hangat dengan satu sendok teh madu sebelum tidur.

Minuman ini disarankan, karena madu organik dikenal sebagai makanan ajaib yang memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan ketika dikonsumsi sebelum tidur.

Madu telah digunakan sebagai obat alami sejak berabad-abad. Madu mengandung agen anti-bakteri alami dan memiliki kemampuan menyembuhkan luka, dan bersifat anti-inflamasi.

Madu memiliki kemampuan untuk melawan infeksi juga. Madu juga merupakan agen anti-diabetes, yang dikenal untuk mengurangi kadar glukosa darah. Madu bekerja sebagai obat tradisional yang bagus untuk batuk dan pilek.

Selain itu, madu juga dapat mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas. Berikut 10 manfaat kesehatan mengonsumsi madu sebelum tidur.

1. Memicu hormon tidur

Minum madu sebelum tidur menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi dan suasana hati yang baik. Ini membuat tidur yang nyenyak.

2. Menjaga hati

Hati membutuhkan bahan bakar pada malam hari, jadi madu adalah pilihan yang sempurna. Mengapa? Madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Madu mengandung fruktosa dan glukosa, yang sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

3. Membantu menurunkan berat badan

Madu berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan itu membuat hati memproduksi glukosa. Mengonsumsi madu sebelum tidur, membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkir dan ini akan memberi rasa kenyang di malam hari.

4. Obat batuk

Madu adalah 'obat rumah' yang bagus untuk mengobati batuk dan pilek. Tapi, tahukah Anda bahwa madu juga bermanfaat untuk mengobati batuk pada malam hari di kalangan anak-anak? Minum 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur akan membebaskan Anda dari batuk.

5. Membantu pencernaan

Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh. Agen antimikroba yang ada dalam madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di usus Anda.

6. Mengatasi kelaparan saat malam

Terkadang, setelah makan malam, Anda masih merasa lapar pada larut malam. Apa yang kamu kerjakan? Mengambil semangkok keripik atau cokelat? Tapi, cara terbaik untuk mengobati rasa lapar tengah malam adalah minum madu sebelum tidur. Gula alami dalam madu akan menaikkan kadar gula darah Anda.

7. Madu untuk obesitas

Orang yang berjuang melawan obesitas bisa mengonsumsi madu pada malam hari. Karena madu benar-benar bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak. Mengonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mengurangi lemak perut.

8. Madu untuk kulit sehat

Sifat antibakteri, anti-jamur dan antioksidan hadir dalam madu menjadikannya obat yang luar biasa untuk memiliki kulit yang sehat. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit Anda tetap halus dan lentur, jika mengonsumsinya sebelum tidur.

9. Mengurangi risiko diabetes

Apakah Anda tahu bahwa mengonsumsi 1 sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi risiko terkena diabetes? Jika seseorang yang menderita diabetes memiliki madu setiap malam, itu bahkan dapat membantu mengobatinya. Karena itu membantu mengurangi kadar glukosa darah.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu mentah mengandung antioksidan yang dikenal untuk melawan radikal bebas. Ini mencegah banyak penyakit menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

Sumber: Boldsky.com | Bisnis.com
Editor: Gokli