Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Modus Vincen Mencuri Mobil di Nagoya Hill Mall
Oleh : Romi Chandra
Senin | 26-02-2018 | 15:14 WIB
maling-mobil1.jpg Honda-Batam
Vincen, terpaksa harus mendapat hadiah timah panas pada bagian kakinya. Pasalnya, pencuri berusia 23 tahun ini nekat mencoba melawan saat dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Lubukbaja (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Vincen (23), terduga pelaku pencurian mobil Daihatsu Ayla di parkiran dekat J-Co Nagoya Hill Mall, ternyata sudah lama mengincar sasarannya.

Pencurian ini juga sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Modusnya, dengan berpura-pura membeli mobil dan kemudian menduplikat kunci mobil tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Lubukbaja, Iptu Awal Sya'ban Harahap, mengatakan, pemilik mobil, Ninuk Eriana berniat menjual mobil dengan memposting di media sosial. Kemudian pelaku berpura-pura hendak membelinya.

"Kejadiannya sekitar tiga minggu yang lalu, tapi pelaku terus mengincar sambil melihat waktu yang pas," ungkap Awal, Senin (26/2/2018).

Dijelaskan, saat mendatangi rumah korban untuk membeli mobil itu, pelaku diberi waktu tiga untuk test drive, dengan jaminan meninggalkan mobil Toyota Avanza yang diduga ia rental.

"Dalam waktu tiga jam itu, pelaku langsung menduplikat kunci dan merusak alarm mobil. Kemudian setelah tiga jam, ia kembali mengantarkan mobil tersebut," jelas Awal.

Sampai akhirnya pelaku memiliki waktu yang pas untuk mencuri saat korban bersama suaminya pergi ke Nagoya Hill Mall, Sabtu (24/2/2018). Dengan memiliki kunci duplikat dan alarm mobil yang rusak, pelaku brrhasil membawa kabur mobil itu.

Namun ia justru berhasil dibekuk keesokan harinya, di kawasan Nagoya Hill, saat mencoba mengambil sepeda motornya yang ditinggal di parkiran motor.

"Kita sudah melakukan pengintaian berdasarkan laporan pihak mall, bahwa ada satu unit motor yang tidak diambil selama 24 jam. Begitu ia datang, langsung diamankan. Saat dibawa untuk mengambil barang bukti mobil, ia mencoba melawan dan terpaksa dilumpuhkan," papar Awal.

Sebelumnya, seorang pria bernama Vincen, terpaksa harus mendapat hadiah timah panas pada bagian kakinya. Pasalnya, pencuri berusia 23 tahun ini nekat mencoba melawan saat dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Lubukbaja.

Kapolsek Lubukbaja, Kompol Muhammad Chaidir, mengatakan, Vincen, merupakan terduga pelaku pencurian satu unit mobil di kawasan Nagoya Hill Mall, Sabtu (24/2/2018). Kemudian pada Minggu (25/2/2018) berhasil dibekuk.

Editor: Yudha