Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buron Tahanan POM Lantamal IV Tanjungpinang Jalani 32 Adegan
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 12-02-2018 | 17:38 WIB
rekonstruksi-yusuf.jpg Honda-Batam
Tersangka Yusuf memperagakan adegan tidur di dalam hutan bakau Kampung Kolam Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Klasi Dua (KLD) Yusuf Hermawan (22) yang bertugas di Kapal KRI Pulau Rangsang menjalani 32 adegan rekontruksi kaburnya tahanan Militer Pom Lantamal IV Tanjungpinang, yang dilaksanakan didua tempat di Hotel Tepi Laut Tanjungpinang dan di Kampung Kolam Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan.

 

Adapun ketiga tersangka yang membantu kaburnya tahanan militer Yusuf Hermawan antara lain Indah (pacar tersangka Yusuf) dan dua temannya Herman dan Martini.

Danpomal Lantamal IV Letkol Laut (PM) Didi Wahyudi mengatakan, dalam rekontruksi hari ini ada sebanyak 32 adegan yang diperankan oleh 4 orang tersangka. Diantaranya 11 adegan yang diperankan oleh tersangka Yusuf Hermawan dan selebihnya diperankan oleh ketiga tersangka lain.

"Adegan pertama dimulai dari ketiga rekan tersangka Yusuf menyusun rencana untuk membawa tersangka Yusuf keluar dari tahanan Pomal Lantamal IV Tanjungpinang, di hotel Tepi Laut Tanjungpinang selama 3 hari," ujar Didi usai menggelar rekonstruksi, Senin (12/2/2018)

Di dalam adegan selanjutnya, berdasarkan penyidikan ternyata pacarnya ini telah membawa temannya untuk melancarkan aksinya yaitu tersangka yang berinisial Hermawan dan Martoni untuk menginap di Hotel Tepi laut.

Didi menjelaskan, setelah selesai menyusun startegi kemudian ketiga tersangka yang membantu Yusuf ini langsung kabur dari Mako Pomal Lantamal IV Tanjungpinang Selasa(23/2/2018)Pagi.

"Pada pagi itu memang seluruh tahanan diberi waktu untuk berolahraga pagi dan membersihkan sel tahana serta diberi keluar untuk membuang sampah ke tong sampah didepan Mako Pomal Lantamal IV Tanjungpinang, " katanya

Setelah Tersangka Yusuf berhasil keluar Mako Pomal Lantamal IV Tanjugpinang kemudian tersangka Yusuf kabur dengan dijemput oleh tersangka Herman didepan gerbang dengan menggunakan sepeda motor.

Lebih lanjut dalam adegan selanjutnya Didi mengungkapkan setelah berhasil menjemput Yusuf dan selanjutnya pacarnya Indah langsung menyiapkan kontrakan di Kijang Gang Bawal Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan.

"Setelah melakukan penyelidikan sehingga diketahui tersangka Yusuf ini dibantu kabur oleh tiga orang tersangka lainnya kekontrajan di Kijang," ucapnya

Pada adegan ke 23 dan ke 24 tersangka Yusuf kabur dari kontrakan dan tidur dihutan bakau di sekitar kampung kolam Kijang Bintan selama dua hari. Namun karena merasa lapar tersangka Yusuf keluar dari persembunyiannya. "Dua hari Yusuf tidur didalam hutan bajau," ucapnya

Kemudian selanjutnya pada adegan ke 26 Yusuf mencuri celana jeans Warga setempat yang di gantung dijemuran belakang rumah. "Kaburnya tersangka Yusuf ini juga meresahkan warga kampung kolam karena telah mencuri celana warga," ungkapnya lagi.

Sehingga, anggota langsung diturunkan untuk melakukan penangkapan terhadap ketiga tersangka pada saat ditangkap, tersangka Yusuf langsung kabur kedalam Hutan Bakau di sekitar kontrakannya.

"Karena tersangka Yusuf lapar kemudian dirinya keluar dari dalam hutan untuk mencari makan dan akhirnya tersangka ini berhasil ditangkap oleh anggota Pomal," pungkasnya

Editor: Dardani