Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Babak Pertama Real Madrid Vs Barcelona Berakhir Imbang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 23-12-2017 | 20:02 WIB
Sundulan-ronaldo.jpg Honda-Batam
Cristiano Ronaldo mencetak gol melalui sundulan, tetapi dianulir wasit. (REUTERS/Paul Hanna)

BATAMTODAY.COM, Santiago - Babak pertama laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12), berakhir dengan skor kacamata. Kendati demikian, kedua tim mampu saling berbalas serangan pada 45 menit pertama.

Real Madrid menekan sejak menit awal. Bahkan, tuan rumah sudah mendapat sepak pojok pada menit pertama.

Tuan rumah sebenarnya mampu unggul lebih dahulu. Sayang, sundulan Cristiano Ronaldo pada menit kedua yang tidak terkawal pemain Barcelona dianulir wasit setelah lebih dahulu terperangkap offside.

Tanpa Isco dan Marco Asesnsio di skuat starter tidak membuat Real Madrid kendur dalam memberikan serangan. Seperti tidak ingin kehilangan tiga poin di kandang sendiri, Los Blancos terus menekan Barcelona.

Hingga menit keempat pertandingan, Barcelona masih belum menemukan permainan terbaiknya. Sebaliknya, bek kanan Real Madrid, Dani Carvajal justru mampu memberikan tembakan ke gawang Marc Andre Ter Stegen.

Barcelona baru bisa menguasai permainan pada menit kedelapan. Tim asuhan Ernesto Valverde itu mampu mengatur irama permainan dengan baik. Mereka juga tidak terpancing dengan permainan Real Madrid dan cukup baik dalam menjaga daerah.

Kendati rapi dalam bertahan, sesekali Real Madrid bisa menembus benteng Barcelona. Hal itu dibuktikan dengan peluang emas dari Cristiano Ronaldo menit ke-10.

Tetapi, bintang asal Portugal itu tidak bisa memanfaatkannya. Kaki kiri Cristiano Ronaldo tidak mengenai bola. Begitu pun dengan Carvajal yang berdiri bebas untuk memanfaatkan bola liar Cristiano Ronaldo itu. Tetapi Carvajal kalah cepat dengan Andres Iniesta yang lebih dahulu membuat bola.

Barcelona yang kerap ditekan jusru mengandalkan serangan balik. Transisi serangan cepat dilakukan Barcelona pada menit ke-17 melalui Ivan Rakitic. Hanya, tekanan tim tamu mampu digagalkan pertahanan Madrid.

Blaugrana justru harus mendapat kartu kuning pertama dalam pertandingan itu setelah Thomas Vermaelen menjegal Luka Modric.

Peran andalan Barcelona, Lionel Messi justru baru terlihat pada pertengahan babak pertama. Pemain asal Argentina itu mampu merepotkan pertahanan Real Madrid, meski belum bisa memberikan peluang mencetak gol yang baik.

Menit ke-24 gelandang Paulinho masuk dari lini kedua dan menembus pertahanan Real Madrid. Kendati demikian, tendangan keras mantan pemain Tottenham Hotspur itu ditepis kiper Keylor Navas.

Sisi kiri kembali menjadi andalan Real Madrid dalam melakukan serangan. Namun, lagi-lagi sepakan Ronaldo belum memberikan gol setelah tendangannya mengenai kaki kiri Ter Stegen.

Kerja sama apik antara Modric dan Cristiano Ronaldo pada menit ke-34 juga kandas di kaki Gerard Pique. Cristiano Ronaldo dengan leluasa memberikan assist kepada Karim Benzema yang berada di depan gawang Barcelona, sayang peluang Benzema itu ditekel dengan baik oleh Pique.

Ketika stamina pemain Real Madrid menurun jelang berakhirnya babak pertama, Barcelona memanfaatkan dengan melakukan serangan. Hanya, sundulan Paulinho menit ke-38 memanfaatkan umpan Messi ditepis Navas dan kembali menghasilkan tendangan sudut.

Real Madrid pun membalas serangan itu pada menit ke-41. Umpan silang Marcelo disambut dengan sudulan keras Benzema. Tetapi, sundulan pemain asal Perancis itu hanya membentur tiang kiri gawang Ter Stegen.

Messi pun harus dijatuhkan Marcelo beberapa meter dari kotak penalti Real Madrid. Sayang, eksekusi tendangan bebas yang diambil langsung Messi hanya membentur pagar Real Madrid. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Susunan pemain

Real Madrid: Keylor Navas; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Casemiro, Luka Modric, Toni Kroos, Mateo Kovacic; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema.

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Jordi Alba; Sergio Busquets, Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Paulinho; Luis Suarez, Lionel Messi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin