Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Diperbolehkan Pulang

Hasil Pemeriksaan Bayi 4 Tahun di Karimun Negatif Difteri
Oleh : Wandy
Rabu | 20-12-2017 | 16:02 WIB
Kadinkes-Karimun12.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bayi 4 tahun yang sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Bakti Timah karena diduga terjangkit difteri telah diperbolehkan pulang ke rumahnya karena hasil pemeriksaan negatif difteri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, untuk bayi yang awalnya diduga menunjukkan gejala Difteri sudah dipulangkan. Namun tetap melakukan pengecekkan rutin.

"Bayi tersebut sudah dipulangkan, karena tidak lagi menunjukkan gejala difteri," ujar Rachamdi saat di Konfirmasi, Rabu (20/12/2017).

Terkait sampel yang dikirimkan ke laboraturium di Jakarta sampai saat ini pihaknya belum menerima hasilnya, diperkirakan hasil tersebut keluar dalam 2 minggu.

"Untuk sampel yang kita ambil tidak hanya dari bayi itu saja namun keluarga dan teman sepermainannya pun kita kirim, sebab untuk memastikan apakah mereka tertular penyakit tersebut," katanya lagi

Rachmadi juga mengatakan, bayi tersebut awalnya dirawat di ruang isolasi karena takut dia positif difteri, namun setelah menjalani perawatan medis beberapa gejala tersebut sudah hilang sehingga bisa dipulangkan.

Masyarakat tetap harus berhati- hati dengan wabah penyakit tersebut. Dinas Kesehatan telah melakukan himbauan kepada masyarakat mengenai gejala- gejala yang ditimbulkan difteri.

"Kita minta tetap waspada, apabila ada mencurigai gejala- gejala Difteri, harap segera cek ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Editor: Yudha