Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelombang Perairan Batam dan Lingga Capai 2 Meter, KSOP Tanjungpinang Imbau Tingkatkan Kewaspadaan
Oleh : Ismail
Selasa | 19-12-2017 | 18:27 WIB
cuaca-buruk1.jpg Honda-Batam
Cuaca di perairan Kepri (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Pos (Kapos) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) KSOP Kelas II Tanjungpinang, Sutrisno, mengatakan bahwa untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk di wilayah perairan Batam dan Tanjungpinang, pihaknya sudah mengimbau pihak pengelola jasa transportasi laut antar pulau untuk berhati-hati dalam mengangkut penumpang. Mengingat, kondisi musim angin Utara saat masih berlangsung.

"Kami sudah berkoodinasi dengan Fery antar pulau, baik Batam, Lingga dan Karimun dari Pelabuhan SBP agar lebih berhati-hati," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (19/12/2017).

Selain itu, lanjut Sutrisno, untuk mewaspadai datangnya cuaca buruk yang seketika saja bisa terjadi, pihaknya tetap mengacu pada imbauan BMKG Tanjungpinang yang setiap hari mengupdate kondisi cuaca.

Kendati demikian, hingga kini arus transportasi laut dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang masih berlangsung lancar dan kondusif. Namun, jika sewaktu-waktu cuaca berubah, maka pihaknya akan melakukan penundaan pemberangkatan. Hingga, kondisi cuaca kembali normal.

"Jika cuaca tidak memungkinkan, kami akan melakukan pemberangkatan. Sampai kondisi cuaca kembali normal," ungkapnya.

Tak hanya itu, tambahnya, KSOP juga mengimbau bagi pengelola Fery, jika di tengah perjalanan terjadi cuaca buruk, maka disarankan untuk menempuh jalur yang aman. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang hingga sampai ke daerah tujuan.

"Kami sudah berkoordinasi. Antisipasi kalau di tengah perjalanan mengalami kondisi cuaca buruk, maka disarankan untuk mencari jalur aman," tutupnya.

Sementara itu, BMKG juga mengingatkan bagi pengguna jalur transportasi laut agar berhati-hati adanya penurunan jarak pandang, angin kencang serta tinggi gelombang laut di wilayah perairan Kepri.

"Hati-hati terhadap angin kencang di wilayah Kepulauan Riau serta gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Bintan dan Lingga," peringatan BMKG rilisnya.

Dalam rilis BMKG Tanjungpinang dalam laman resminya disampaikan, untuk kawasan perairan Batam-Bintan tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter. Hal yang sama juga ditunjukkan untuk kawasan perairan Lingga.

Meski demikian, tinggi gelombang tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu hingga dua kali lipat, jika kondisi angin bertiup semakin kencang.

Editor: Udin