Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operator Kapal di Bintan Diimbau Tidak Memaksakan Pelayaran Saat Cuaca Buruk
Oleh : Harjo
Selasa | 19-12-2017 | 13:50 WIB
speed-boat-uban1.gif Honda-Batam
Speedboat di Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat di perairan Bintan saat ini diharapkan operator dan pemilik kapal serta petugas tidak memaksakan kapal untuk berlayar.

"Kita berharap agar baik operator atau pemilik kapal, lebih mengutamakan keselamatan. Sehingga tidak memaksakan untuk berlayar apabila kondiai cuaca buruk," ujar Kepala dinas perhubungan Bintan, Yandrisyah pada Selasa (19/12/2017).

Dari sisi lain, kata Yandrisyah pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak petugas pelabuhan yang ada di Bintan. Karena melihat kondisi cuaca saat ini sangat ekstrim dan telah beberapa kali mengakibatkan kecelakaan di laut.

"Baik petugas dan juga masyarakat, harus sama-sama mengantisipasi serta selalu melihat kondisi cuaca yang ada. Semoga hal ini menjadi acuan bagi seluruh pihak penguna jasa di pelabuhan yang akan melakukan pelayaran," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bulang Linggi dan ASDP Tanjunguban, sampai sejauh ini palayaran masih berjalan lancar. Kalaupun cuaca kurang baik, kapal biasanya mengunakan jalur yang labih aman yaitu jalur dalam atau sekitar pulau kecil yang lebih terlindung dari angin dan gelombang.

Editor: Yudha