Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Partai Gerindra Penentu Pencalonan Mustofa Jadi Cawagub Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 23-11-2017 | 13:26 WIB
Onward-Siahaan3.gif Honda-Batam
DPRD Kepri dari Partai Gerindra Onward Siahaan. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Partai Gerindra diprediksi menjadi penentu mulus tidaknya pencalonan Mustofa Widjaja sebagai calon Wakil Gubernur Provinsi Kepri.

Dikatakan penentu, karena meskipun telah diusulkan dan direkomendasi Partai Demokrat, PPP dan PKB, namun jika Gerindra tidak memberikan rekomendasi pada Mustofa Widjaja, pencalonanvya akan gugur karena tidak memperoleh dukungan bulat dari 5 parpol pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

Sementara Partai Nasdem, partai pimpinan Nurdin Basirun sebagai Ketua DPD Kepri, diyakini tidak akan menolak pencalonan Mustofa. Kecuali Partai Nasdem siap dituding sebagai pihak yang memperlambat dan bahkan tidak menginginkan adanya Wakil Gubernur Kepri.

Menanggapi pengusulan Mustofa Widjaja sebagai, anggota DPRD Kepri dari Partai Gerindra, Onward Siahaan, mengatakan partainya belum secara pasti akan memberikan rekom kepada Mustofa Wijaya.

Pasalnya, dua nama jagoan Partai Gerindra sebagai Cawagub yang diusulkan ke Gubernur adalah Fauzi Bahar dan Isdianto. "Kami masih melihat perkembangan dan akan mengkomunikasikan hal ini ke DPP partai," ujarnya.

Onward juga mengatakan jika sebelumnya Mustofa Wijaya pernah ada komunikasi. Tapi belakang ini, Onward mengaku belum mendengar komunikasi lagi.

"Kami selama ini memperjuangkan Fauzi Bahar untuk mendampingi Isdianto. Dan faktanya tadi 3 partai menyatakan nama lain. Hal ini tentu hal baru yang nantinya akan kami komunikasikan dengan jajaran partai serta DPP, bagaimana sikap dari Gerindra," ujar Onward.

Ditanya dengan parpol pengusung lain, apakah juga pernah melakukan kordinasi dalam mengusung Mustofa Widjaja sebagai calon wakil gubernur yang akan diusung, Onward menyatakan kalau hal tersebut belum pernah dibicarakan sebelumnya.

Menanggapi kebijakan DPRD yang menetapkan limitasi waktu bagi Gubernur untuk segera mengusulkan calon pengganti Agus Wibowo, Onward mengatakan partainya sangat menghargai kebijakan tersebut. Sesuai dengan surat DPRD ke Gubernur sebelumnya, kendati sampai saat ini jawaban dari gubernur.

"Dan Partai Gerindra sebagai parpol pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri tetap ikut bertanggungjawab agar Gubernur Kepri segera memiliki wakil," ujarnya.

Editor: Yudha