Peringatan HUT RI ke-72, Yonif 10 Marinir/SBY Gelar Pesta Rakyat
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 26-08-2017 | 13:50 WIB
Marinir-10-SBY1.gif
Keluarga besar Yonif 10 Marinir SBY dan masyarakat mengikuti pesta rakyat peringatan HUT RI ke-72. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semarak memeriahkan HUT RI ke-72 hingga saat ini masih dirasakan masyarakat. Bahkan, kebersamaan antara masyarakat dengan TNI terlihat jelas dalam pesta rakyat yang digelar Yonif 10 Marinir/Satria Bumi Yudha (SBY) di Setokok, Kecamatan Galang, Kota Batam, Jumat (25/8/2017).

Pesta rakyat yang berlangsung di lapangan Ksatria Yonif 10 Marinir/SBY itu diikuti oleh keluarga besar Yonif-10 dan masyarakat Setokok dan Teluk Air, Kecamatan Galang, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu, berbagai perlombaan digelar, seperti lomba balap karung, balap sendok kelereng, memasukkan paku dalam botol, tarik tambang, makan kerupuk, sepak bola joget lomba dorong truk serta lomba panjat pinang.

Danyonif 10 Marinir/SBY, Letkol Mar Charles Arianto Lumban Gaol, mengatakan, pesta rakyat yang digelar terdiri dari berbagai perlombaan. Semua personil Marinir berbaur dengan masyarakat, sehingga tercipta hubungan yang lebih erat.

"Kita ingin secara bersama-sama dengan masyarakat memeriahkan hari kemerdekaan. Karena tu, pesta rakyat ini kita gelar," ungkapnya, Sabtu (26/8/2017).

Selain untuk mempererat silaturahmi dengan masyarakat, perlombaan yang dilakukan juga bisa memberi makna untuk menciptakan kekompakan atau persatuan seperti para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah.

"Contohnya lomba panjat pinang yang diiktui anggota bersama masyarakat. Agar bisa sampai ke puncak, dibutuhkan strategi, kekuatan dan kekompakan. Karena itu, semoga dengan kegiatan ini, bisa memebrikan arti yang baik," jelasnya.

"Kita juga memberikan hiburan musik agar suasana lebih semarak. Para pemenang juga mendapatkan hadiah. Yang jelas kedepannya semoga hubungan kedekatan dengan msyarakat bisa terus terjalin," pungkasnya.

Editor: Yudha