Simak, Ini Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 26-08-2017 | 11:02 WIB
hewan-kurban-batam.jpg
Hewan kurban. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan (Dinkes), bersama Balai Karantina Kelas I Batam melakukan sidak terhadap para penjual pedagang hewan kurban di Batam.

Ada dua tim yang diturunkan, dalam pengecekan hewan-hewan kurban yang dijual para pedagang. Dokter Hewan DKPP, Drh Samuel Tampubolon, mengatakan ada ciri-ciri khusus hewan kurban yang dinyatakan sehat dan memenuhi kriteria.

"Secara kasat mata bisa dilihat postur tubuh hewan kurban harus tegap, lincah dan tidak pincang. Umur maksimal 2-3 tahun," ujar Samuel Sabtu (26/8/2017).

Ia mengatakan pengecekan secara fisik dilakukan dari atas kepala sampai kaki. Mata dan hidung kambing maupun sapi tidak boleh kotor. Begitu juga lubang-lubang yang terdapat pada hewan kurban.

"Dari hidung, mata ekor juga dari pangkal sampai ke ujung harus bersih. Kulit hewan kurban juga harus dalam kondisi mengkilat," katanya.

Dia juga menyebutkan hewan kurban yang sehat bisa berdiri secara sempurna, lincah, dan tidak lemah.
"Dilihat dari kaki menapak sempurna, lincah tidak lemah, dan mau makan minum," kata Samuel.

Dari ratusan hewan kurban yang diperiksa oleh tim, hanya 1 hewan kurban jenis sapi yang tidak layak jual. Karena dalam kondisi sakit di daerah Punggur, Nongsa.

"Hanya 1 ekor sapi yang dalam kondisi sakit, itu tim saya, belum tau keseluruhan jumlahnya. Karena belum direkap, tapi tidak ada penyakit yang berbahaya di tubuh hewan kurban. Nanti di hari H kami juga akan melakukan pengecekan kembali, sebelum hewan itu dikurbankan," pungkasnya.

Editor: Yudha