Aksi Demo Buruh Peringati May Day di Batam

Waspadai Kemacetan di Ruas Jalan ini
Oleh : Hadli
Senin | 01-05-2017 | 07:30 WIB
demo_buruh_may_day.jpg

Ilustrasi aksi demo buruh memperingati May Day. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyambut May Day hari ini, 1 Mei 2017, sejumlah ruas jalan di Batam akan dipadati ribuan buruh. Diantara mereka ada yang menyampaikan aspirasi, sebagian lainnya menggelar kegiatan jalan santai dan panggung hiburan. Karena itu, para pengguna jalan diminta untuk memperhatikan rute jalan yang akan dilalui para buruh tersebut.

 

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga mengungkapkan, pengaman demo May Day di Kepri, Polda Kepri mengerahkan 3.015 personil. Untuk di Batam anggota yang dikerahkan Polresta Barelang dan BKO Polda berjumlah 1.092 personil.

Dijelaskan Erlangga, menyambut May Day 2017 sarikat buruh di Batam melaksanakan kegiatan secara terpisah. Dari FSPMI diperkirakan jumlah buruh sebannyak 1000 orang yang dipimpin Suprapto dan Alfitoni.

Titik kumpul dimulai pukul 07.00 WIB di Halte Panbil Muka Kuning, Simpang Tanjununcang atau Simpang Polsek Batuaji, Citra Buana II Batu Ampar, Simpang Taiwan atau kawasan Industri Kabil, Simpang Panasonic Batam Centre.

"Massa melaksanakan konvoi menggunakan kendaraan roda dua dan empat rute dari tikum masing - masing menuju Tikum Halte Panbil untuk bersama sama konvoi menuju Kantor Walikota Batam. Massa meminta Wali Kota Batam menerima petisi tersebut dan selanjutnya massa membubarkan diri," ujar S Erlangga.

Untuk sarikat buruh SPSI kubu Carlos dan serikat buruh SBSI dengan Korlap (Koodinator Lapangan) Makruf Pane akan melaksanakan kegiatan jalam santai dan panggung hiburan dan Dorprize dengan jumlah masa diperkirakan 3000 orang.

"Titik kumpul di Kantor Sekretariat SBSI Mitra Mall Batu Aji, Kantor Kantor Sekretariat SPSI Simpang Ocarina Batam Centre. Rute Engku Putri Simpang Mesjid Raya WTB depan Samsat Depan kantor PDIP-Simpang Kejaksaan Engku Putri," paparnya.

Baca: May Day, Ini Tuntutan yang akan Disuarakan Buruh Batam

Panggung hiburan juga akan dihiasi orasi May Day dari masing-masing sarikat buruh yang rencananya akan dihadiri Wali Kota Batam, Gub Kepri dan Kapolda Kepri.

Pada kegiatan serikat buruh SPSI kubu A. Kadir Tarmizi akan melaksanakan jalan santai, senam aerobic, penyerahan petisi yang terlaksana di Comunity Centre Batamindo Batam pukul 06.00 Wb.

Koordinator dalam kegiatan ini, Afka Nasri. Diperkirakan massa di CC Batamindo sebanyak 1000 orang dan massa penyerahan petisi 500 orang dengan lokasi titik kumpul CC Batamindo, Terminal 3 Muka Kuning Simpang Taiwan atau kawasan Industri Kabil, Citra Buana II Batu Ampar, Simpang Polsek Batu Aji.

"Rute Jalan Santai Start CC Batamindo Dormitori Blok N Simpang PT. SIIX - Simpang PT. TECH dan CC batamindo. Massa juga akan melaksanakan konvoi dari Tikum Terminal 3 Muka Kuning dengan massa 500 oran menuju Kantor Walikota Batam," kata akpol 1990 tersebut.

Sementara itu, buruh SPN Batam tidak melaksanakan kegiatan dalam menyambut May Day 2017.

Editor: Dardani