Plat Beton Flyslab Lebih Ringan dan Berkualitas Tinggi
Oleh : Suci Rahmadani
Rabu | 19-04-2017 | 13:53 WIB
flyslab-siip3-1.jpg

Plat beton Flyslab. (Foto: Blogger)

BATAMTODAY.COM, Batam - Struktur plat beton Flyslab sama dengan plat beton masif atau konvensional, tapi Flyslab lebih ringan 40 - 50 persen. Kapasitas yang sama, dibuat dengan sistem pracetak atau precast.

Komisiris Utama Flyslab, Ir. Sulistyana menjelaskan, sudah dilakukan uji laboratorium bahan dan konstruksi oleh Universitas Diponegoro dengan standart ASTM Internasional (American Society for Testing and Material). Standar ASTM digunakan pada negara-negara maju maupun berkembang dalam penelitian akademis maupun industri.

"Hasil uji beban pada benda uji dan hasil perhitungan analitis disajikan pada gambar grafik menunjukkan nilai momen dan kurvatur pada benda uji dan plat beton solid (perhitungan analitis)," kata Sulistyana kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (19/4/2017).

Dijelaskan, plat beton pracetak atau precast disain struktur slab disesuaikan dengan fungsi lantai oleh PT. Kinarya Beton Indonesia Dimensi (modul) disesuaikan dengan alat angkat yang ada di lokasi, supaya biaya pemasangan tetap murah.

"Bisa diproduksi di seluruh wilayah Indonesia. Mutu terjaga, menggunakan beton K-300 dan besi tulangan U-39 dan diproduksi di Workshop," katanya.

Menuturnya, keunggulan struktur bangunan lebih efisien, hal ini karena menggunakan Flyslab yang ringan serta manajemen konstruksi mengurangi item pekerjaan dan waktu pelaksanaan lebih cepat. Selain itu tenaga kerja hanya sedikit, hanya untuk kolom dan balok.

"Minim pengaruh dari cuaca atau hujan. Sisa material (waste material) tidak ada, sehingga lokasi kerja bersih dan biaya konstruksi bangunan lebih hemat 25 peran sampai 40 persen dibandingkan dengan cara konvensional," terangnya.

Selain itu, Flyslab lebih ramah terhadap gempa dan sangat sesuai dengan high-risk building terutama terkait dengan reduksi beban gempa. "Memberikan ide-ide baru arsitek dalam disain bangunan serta memberikan efek peredaman suara," pungkasnya.

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi web www.flyslab.co.id serta kunjungi Komplek Trinusa jaya Blok A No.1 Batam Center, Batam.

Editor: Yudha