Dwi Ria Latifa Tanamkan Nilai-nilai Pancasila pada Siswa SMK Harmoni Batam
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 18-04-2017 | 17:14 WIB
Ria-Dwi-Latifa-400x192.gif

Anggota MPR/DPR RI dapil Kepri, Dwi Ria Latifa, saat melakukan kegiatan dengar pendapat bersama siswa dan guru SMK Harmoni Batam, Selasa (18/4/2017).(Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Negara Indonesia yang dibangun di atas perbedaan suku, agama dan adat istiadat yang berbeda-beda, memiliki pengikat yang mampu menyatukan seluruh lapisan masyarakat yang berbeda-beda itu pula. Bagi bangsa Indonesia, pedoman dalam bersikap, bertindak, dan bertingkah laku adalah Pancasila yang telah ditetapkan sebagai dasar negara.

Pancasila, mempunyai sifat impreatif dan memaksa. Dalam hal ini, maka setiap warga negara Indonesia harus tunduk dan taat terhadap nilai-nilai PancasiIa dan ada kekutaan hukum yang memberikan legitimasi kuat terhadap penerapannya, serta sanksi yang dapat diterapkan terhadap perbuatan yang menentang nilai-nilai PancasiIa tersebut.

Demikian disampaikan Anggota MPR/DPR RI dapil Kepri, Dwi Ria Latifa, saat melakukan kegiatan dengar pendapat bersama siswa dan guru SMK Harmoni Batam, Selasa (18/4/2017). Kegiatan itu sendiri, memiliki tema "Komitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara Demi Kokohnya NKRI".

Dilanjutkan Ria, Pancasila memenuhi syarat sebagai dasar negara, karena memiliki potensi menampung keadaan pluralistik masyarakat Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, ras dan antar golongan.

Selain itu, Pancasila juga memberikan jaminan terealisasinya kehidupan dengan menjunjung tinggi dan menghargai manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan secara berkeadilan, yang disesuaikan dengan kemampuan dan hasil usahanya.  

Pancasila memiliki potensi menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Serta, PancasiIa memberikan jaminan berlangsungnya demokrasi dan hak-hak asasi manusia, sesuai dengan budaya bangsa. Pancasila juga menjamin terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera.

Expand