Dinasker Batam Tak Tahu Adanya Rekrutmen Tenaga Kerja ke Malaysia
Oleh : CR-14
Rabu | 12-04-2017 | 15:50 WIB
pencaker1.jpg

Ratusan pencaker menunggu tes wawancara di PT Rotary Enginering Indonesia pada Rabu (12/4/2017). (Foto: Yos)

BATAM TODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Syakirti, belum mengetahui tentang adanya perusahaan asal Malaysia yang melakukan perekrutan tenaga kerja di Batam.

"Kami belum dapat laporan tentang perekrutan tenaga kerja yang akan dikirim ke Malaysia. Nanti kita akan cek ujarnya, Selasa (11/4/2017).

Padahal seharusnya setiap perusahaan yang ada di Batam mesti memberikan laporan dan informasi kepada Disnaker setiap melakukan perekrutan pekerja di Batam agar mereka mengetahui legalitas perusahaan.

"Kita meminta kepada perusahaan agar mau memberikan informasi kebutuhan rekrutmen tenaga kerja agar kita tau bagaimana legalitas perusahaan itu," ujarnya lagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ratusan pancari kerja (Pencaker) pria memadati PT Rotary Enginering Indonesia Kelurahan Tanjunguncang Kecematan Batuaji, Batam, (12/4/2017).

Baca: Ratusan Pencaker Serbu PT Rotary Enginering Indonesia

Mereka menunggu di luar pagar untuk di panggil oleh pihak perusahaan untuk melakukan tes wawancara. Namun lowongan kerja itu bukanlah untuk Perusahaan PT Rotary Enginering Indonesia. Para pekerja yang lulus tes nantinya akan dikirim ke PT Bidar Timur Group yang berada di Jakarta. Setelah berada di Jakarta selanjutnya para pekerja akan diberangkatkan ke Malaysia untuk bekerja.

"Bukan perusahaan ini yang bukak lowongan kerja, disini hanya tempat untuk menyalurkan tenaga kerja. Yang nantinya akan di tempatkan di Malaysia," ujar Budi Oktarid security perusahaan PT Rotary Enginering Indonesia.

Editor: Yudha