Tim Terpadu Batam Robohkan Puluhan Ruli di Tanjunguncang
Oleh : CR-14
Rabu | 29-03-2017 | 11:00 WIB
gusur-01.gif

Proses penggusuran  puluhan rumah liar (ruli) di RT02/RW03 Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji. (Foto:Yosri Novriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan rumah liar (ruli) di RT02/RW03 Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji dibongkar paksa Tim Terpadu Kota Batam, Rabu (29/3/2017) pagi.

 

Penggusuran itu berlangsung sekira pukul 10.00 WIB. Pembongkaran puluhan rumah liar itu berjalan lancar tanpa ada perlawanan.

Informasi yang diperoleh, penggusuran itu dilakukan agar pembangunan Masjid Agung II di lahan berdirinya ruli tidak terganggu dan terhambat.

Selain ruli, kios-kios di pinggir jalan dekat dengan lokasi tersebut juga dirubuhkan Tim Terpadu. Kios-kios itu digunakan warga tidak hanya untuk berjualan tetapi sekaligus untuk tempat tinggal.

Reni, seorang warga yang rumahnya digusur mengaku sedih, pasalnya sudah 10 tahun tinggal di ruli itu. Ia hanya bisa melihat alat berat menghancurkan bangunan-bangunan termasuk rumahnya.

"Kami sudah tinggal selama 10 tahun disini. Dulu saya beli sama orang masih tanah kosong. Sekarang sudah habis semua," ujar Reni dengan sedih.

Sebelum dilakukan penggusuran, Tim Terpadu sudah melayangkan surat pemberitahuan. Tetapi, masih banyak warga yang belum sempat pindah karena belum memiliki tempat yang baru.

"Kami diberi uang Rp4 juta untuk pindah dari sini tapi kami belum tau pindah ke mana," akunya.

Proses penggusuran masih terus berlangsung. Sampai pukul 10.50 WIB, petugas masih terlihat melakukan pembongkaran.

Editor:Gokli