Pematangan Lahan Sudah 60 Persen

Pembangunan Masjid Agung II Batuaji Libatkan KPK
Oleh : CR-14
Senin | 27-03-2017 | 15:38 WIB
Pembangunan-masjid-agung-batuaji1.gif

Proses pembangunan Masjid Agung II Batuaji. (Foto: Yoskoto)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengerjaan pematangan lahan pembangunan Mesjid Agung II di Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji sudah mencapai 60 persen.

"Pematangan kita targetkan harus siap awal bulan April mendatangkan dan pembangunanya kita akan mulai pertengahan April," ujar Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Senin (27/3/2017).

Selain itu, Pemerintah Kota Batam menganggarkan pembangunan Masjid Agung II sebesar Rp 283 miliar. Mengingat pembangunan masjid menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBD) Batam ingin proses pembangunan mulai dari perencanaan hingga selesai dijalankan sesuai ketentuan berlaku.

"Saat ini kita sedang melakukan pelelangan untuk menentukan pihak mana yang akan membangun masjid. Pelelangan juga melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya lagi.

Pantauan di lokasi, sejumlah alat berat terlihat hilir mudik terus melakukan pengerjaan. Sisi depan dan tengah sudah selesai ditimbun semua yang tinggal hanya bagian belakang yang masih dalam pengerjaan.

"Tidak lama lagi, hanya tinggal bagian belakang yang belum rata ditimbun. Satu minggu lagi mungkin akan selesai semuanya," ujar salah satu pekerja di lokasi.

Pembangunan masjid yang menelan anggaran sekitar 284 miliar itu juga akan menjadi tujuan wisata reriligi di Batam. Masjid tersebut akan dirancang semegah mungkin dengan menyediakan berbagai perlengkapan dan fasilitas sebagai tempat tujuan wisata religius.

Selain itu Masjid Agung II akan berdiri megah di atas lahan 4,2 Hektare dengan dilengkapi berbagai fasilitas dan menampung sekitar 10 ribu jemaah. Pembangunan Masjid Agung II ini tujuannya untuk masyarakat dan pekerja kawasan Tanjunguncang untuk memiliki mesjid yang besar dan bagus seperti mesjid Raya di Batamcenter.

Editor: Yudha