Pawai Ogoh-ogoh di Batam Diikuti 500-an Umat Hindu, Ini Rutenya..
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 27-03-2017 | 14:02 WIB
Persiapan-Pawai-Ogoh-Ogoh1.gif

Persiapan Pawai ogoh-ogoh Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pawai ogoh-ogoh, boneka yang menyerupai roh jahat di Seiladi, Senin (28/3/2017) sore nanti, akan diikuti sekitar 500 umat Hindu di Batam dan sekitarnya.

Rute arak-arakan ogoh-ogoh mulai dari Pura Agung Amerta Bhuana menuju Pom Bensin Taman Kota akan berlangsung cukup lama 1 sampai 2 jam. Karena arak-arakan ogoh-ogoh ini dilakukan dengan berjalan kaki.

"Diharapkan masyarakat mengerti proses ke Agamaan umat Hindu. Nanti pawainya dari rumah makan Padatuk menuju Pom Bensin Taman Kota dan kembali lagi Pura Agung Amerta Bhuana diperkirakan memakan waktu 1 sampai 2 jam," kata Pinandita, Putu Satria Yasa.

Putu menjelaskan pawai ke Agamaan umat Hindu sudah berkordinasi dengan Polisi Lalulintas (Polantas) Polresta Barelang. Hal itu agar lalulintas sekitar lokasi arak-arakan ogoh-ogoh tidak terganggu pengendarai yang lain. Bahkan kata Putu pawai ogoh-ogoh ini juga boleh diikuti oleh masyarakat umum.

"Semua unsur ikut dalam kegiatan ini dari Gamblan, obor, musik Bali dan 500-600 umat Hindu di Batam dari total 1.500 orang," ujarnya.

Berdasarkan informasi nanti dari arah BCS menuju pom Bensin Taman Kota akan dialihkan ke arah Simpang Jam. Sementara arah sebaliknya tetap beroprasi seperti biasa meskipun arak ogoh-ogoh tengah dilakukan.

"Informasinya seperti dari kepolisian ambil 1 jalur. Agar memperlancar lalulintas, mudah-mudahan tidak ada perubahan. Jadi saya menghimbau pengendara dari arah Tiban jangan takut untuk melintasi daerah padatuk. Karena tahun-tahun sebelumnya pengendara mengira ada razia padahal kegiatan keagamaan," pungkasnya.

Editor: Yudha