Effendy Simbolon Ajak Keluarga Besar PSBI Jaga Kebhinekaan dalam Bermasyarakat
Oleh : Hadli
Senin | 13-02-2017 | 09:18 WIB
effendi-psbi4.jpg

Syukuran PSBI di Aula Gedung Harapan Utama, Batam, Minggu (12/02/2017). (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruan Indonesia (PSBI) Effendy Muara Sakti Simbolon, mengajak keluarga besar marga Simbolon se-Indonesia untuk menjaga Kebhinekaan dalam bermasyarakat.

"Keseluruhan ada sekitar 300 ribu jiwa dari berbagai agama. Tidak ada pemisahan di antara kita. Jadi kita mengedepankan kebihinikaan dalam bermasyarakat," katanya saat menghadiri syukuran PSBI di Aula Gedung Harapan Utama, Batam, Minggu (12/02/2017).

Marga Simbolon, katanya Efenddy, tersebesar di 106 wilayah se-Indonesia. Paling banyak di daerah Sumatra Utara, khususnya Pulau Samosir. Sebab, asal keturunan marga tersebut berasal dari wilayah itu.

Selanjutnya Dairi, Medan dan Riau juga termasuk populasi tertinggi. Sementara di daerah Jakarta, marga Simbolon kurang lebih berjumlah 30 ribu jiwa.

"Di wilayah Sumatra Utara terdapat 44 pengurusan. Kepri sendiri terdapat tiga kepengurusan. Tapi Batam terbesar kurang lebih 1.000 kepala keluarga, sedangkan Riau tujuh wilayah. Kepengurusannya bukan berdasarkan teritorial dari pemerintahan daerah. Namun berdasarkan populasi, dengan minimal 45 kepala keluarga dapat terbentuk," kata Effendy.

Anggota Komisi I DPR RI ini juga mengatakan, oganisasi PSBI didirikan untuk mengedepankan rasa kebersamaan dalam bernegara. Sehingga organisasi dari Marga Simbolon agar dapat dijalankan secara modern.

"Tidak untuk eklusifisme. Kami ingin organisasi ini bisa dikelola secara moderen dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat," kata Effendy.

Pada 2017 ini, tambahnya, PSBI akan mengadakan kongres ketiga yang rencanannya akan dilaksanakan di Jakarta.

Sekretaris PSBI Pusat, Martinus Tumanggor menjelaskan, pesta bona taon merupakan acara syukuran yang diadakan di seluruh Indonesia. "Saat ini Paguyuban Simbolon sudah berusia 10 tahun. Ini juga dilakukan menjelang kongres ke-3. Pesta bona taon ini nanti digelar berbeda-beda," kata dia, yang pada kesempatan itu turut hadir Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak.

Selain doa bersama, lelang bazar, acara yang dihadiri ribuan marga Simbolon itu juga diisi dengan pemberian bantuan bea siswa bagi anak yang berprestasi di wilayah Batam. Bea siswa itu diserahkan langsung oleh Effendy Simbolon.

Editor: Gokli