Pelni Batam Prediksi Jumlah Penumpang Mudik Natal 2016 Turun 10 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 01-12-2016 | 12:25 WIB
Kepala-Pelni-batam1.jpg

Kepala kantor cabang Pelni Batam, Ending Wahyudi. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lesunya perekonomian masyarakat dan banyaknya perusahaan yang hengkang, diprediksi akan berimbas turunnya jumlah penumpang mudik Natal menggunakan kapal Pelni KM Kelud tujuan Tanjungpriok dan Belawan, Medan.

 

"Diprediksi akan terjadi penurunan jumlah penumpang mudik Natal tahun ini sebesar 10 sampai 15 persen dari tahun sebelumnya," kata Kepala Pelni Cabang Batam, Ending Wahyudi Rabu (30/11/2016).

Ia mengatakan, banyaknya perusahaan di Batam yang gulung tikar serta maraknya buruh yang di PHK akan membuat jumlah penumpang sepi. Karena diperkirakan setelah mudik, para buruh tidak balik kembali ke Batam. Untuk itu Pelni memutuskan tidak akan menurunkan kapal tambahan untuk angkutan mudik Natal.

"Tahun ini tidak ada kapal tambahan melayani Jakarta. Karena tujuan Medan sebelum hari H hanya dua keberangkatan saja pada 20 dan 22 Desember," tegasnya.

Dijelaskan, KM Kelud tidak melakukan sandar yang cukup lama dalam mengantar penumpang ke Medan maupun Jakarta. Dalam seminggu, KM Kelud akan melakukan pelayaran tujuan Medan tanggal 20 dan 22 Desember, sedangkan tanggal 24 Desember akan melayani penumpang tujuan Jakarta.

"Dalam satu minggu biasanya dua kali berlayar, menjelang natal akan 3 kali berlayar yakni 2 kali ke Medan dan 1 kali ke Jakarta. Jadi kapal KM Kelud tidak akanmenginap di pelabuhan Tujuan. Setelah sampai langsung menurunkan serta mengangkut penumpang dan langsung kembali berlayar," kata Ending.

Ending menghimbau buat masyarakat Batam untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan agar tidak menimbulkan kericuhan.

"Jangan sampai hari H baru membeli tiket. Secara otomatis tiket sudah pada habis, apalagi sekarang sudah sistem online, satu bulan sebelumnya sudah bisa dibeli," pungkasnya.

Editor: Yudha