Terima Kunjungan Dubes Jepang, Nurdin Berikan Jaminan Keamanan di Batam
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 01-12-2016 | 12:14 WIB
kunjungan-Dubes-Jepang1.jpg

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun Menerima Kunjungan Dubes Jepang untuk Indonesia. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan jaminan keamanan dan menawarkan investasi sektor maritim saat pertemuan dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki di kantor VIP pelabuhan Punggur-Batam, Rabu (30/11/2016).

 

Dubes Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung kondisi investasi di pulau Batam dan ingin memastikan ‎kondisi keamanan di Batam.

Tidak itu saja, kehadiran dubes juga dimanfaatkan langsung untuk bertemu sekaligus bertatap muka dengan para pengusaha asal Jepang yang berivestasi di Batam. Salah satunya bertemu dengan owner PT Panasonic yang berlokasi di Kawasan Industri Batam Senter.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menerima kunjungan tersebut mengatakan, hubungan investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia khususnya Kepri, sejauh ini sudah baik dan kedepannya diharapkan makin baik lagi.

Untuk Kepri, lanjut Gubernur, sejauh ini keberadaannya sangat diuntungkan dengan letak geografis pulauanya. Dan ini masih ditambah dengan keberadaan Selat Malaka sebagai jalur laut internasional. Kepri sendiri banyak memiliki potensi yang sangat mendukung untuk dikembangkan bagi investasi seperti sektor kelautan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menjelaskan kalau sejauh ini sudah ada penerbangan antar negara khususnya dari Kepri ke Tiongkok dan sebaliknya. Nurdin juga tak lupa menawarkan potensi perikanan laut Kepri. Termasuk potensi untuk mengembangkan industri maritim di sini.

"Terlebih kita masih memiliki wilayah Kabupaten/Kota yang masih sangat berpotensi guna mendukung berinvestasi. Seperti di Karimun, Bintan dan Tanjungpinang. Dan itu lokasinya masih ada berdekatan dengan Batam," jelasnya.

Sementara itu, Dubes Yasuaki Tanazaki mengatakan, selama ini sudah banyak investasi Jepang yang ada di Batam. Bahkan selama lima tahun terakhir sejumlah investor dari Jepang terus berdatangan.

"Saat ini sendiri lebih dari 40 perusahaan asal Jepang ada di Batam," tambahnya.

Kehadiran Dubes Yasuaki Tanizaki Ditemani langsung Konsuler Ekonomi Kedutaan Jepang Taro Araki.

Editor: Yudha