Singapura Apresiasi Polri Cegah Ancaman Bom ke Negaranya
Oleh : Hadli
Senin | 08-08-2016 | 17:44 WIB
kapolda-sam-budigusdian.jpg

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian.(Foto: dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekali lagi, Singapura menyampaikan apresiasinya kepada Polri yang berhasil mencegah dengan menangkap terduga teroris di Batam yang juga merencanakan serangan ke negara tersebut.

Ucapan rasa terima kasih itu diungkapkan saat tim Internal Sekuriti Departemen Singapura yang dipimpin Brigjen Raymond, Kolonel Tang, Kolonel Rahim dan Kolonel Baljet Sing mengunjungi Mapolda Kepri, Senin (8/8/2016) pagi.

"Polisi Singapura pagi tadi berkunjung ke Polda Kepri menyampaikan ucapan terima kasih
atas pengungkapan jaringan teroris yang ada di Batam," ujar Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian.

Selain Batam, rencana penyerangan terduga teroris jaringan Gigih Rahmat Dewa itu, juga berencana meluncurkan serangan ke pusat perekonomian Singapura di Marina Bay.

"Perintah penyerangan Marina Bay langsung dari Bakhrul Naim kepada Gigih Rahmat Dewa. Namun sejauh ini perintah itu masih rencana," ujar Kapolda.

Dengan keberhasilan tim Densus 88 Anti Teroris dan Polda Kepri mengungkap terduga  jaringan teroris Katib Rahmad Dewa di Batam, pihak Singapura ingin menggandeng Polda Kepri meningkatkan kerja sama khususnya bidang pengamanan.

"Mereka ingin melakukan kerja sama lebih intensif untuk memberikan rasa aman," kata mantan Wakorlantas Polri ini.

Menurutnya, polisi Singapura juga menginginkan informasi yang mendalam terkait jaringan yang menamakan Katib Rahmat Dewa. "Tapi tidak bisa kita berikan. Termasuk informasi TKP penangkapan para terduga teroris  di Batam dan posisinya saat ini," tutur Kapolda.

Untuk menjaga keamanan kedua negara, pihak pemerintahan Singapura menggandeng Polda Kepri untuk meningkatkan kerja sama kedua negara.

Editor: Udin