Lihat Imigran Kerja di Batam, Lapor Disnaker!
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 05-08-2016 | 18:02 WIB
imigran.jpg

Imigran di depan Hotel Kolekta Batam (Sumber foto: batamnews.co.id)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya jumlah imigran gelap pencari suaka di Batam menjadi persoalan bagi Pemerintah Kota Batam. Pasalnya, disinyalir para imigran ini berkerja, lantaran sudah kehabisan uang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batam, Zarefriadi, ketika dimintai tanggapan mengatakan, permasalahan imigran gelap bukan ranahnya. Namun, jika imigran itu diduga masuk wilayah kerja, ia minta partisipasi masyarakat agar melaporkan kepada instansinya.

"Imigran atau sejenisnya itu bukan ranahnya Disnaker soal pengawasan, tapi Imigrasi dan penegak hukum lainnya. Tapi kalau sudah masuk wilayah dan kerja di Batam, sudah masuk ranah Disnaker. Kami meminta partisipasi warga agar cepat melaporkan kepada kami keberadaan imigran itu di Batam yang berkerja," kata Zarefriadi, Jumat (05/08/2016)

Saat ini katanya lagi, imigran pencari suaka menggunakan Taman Aspirasi di sebelah Kantor Kejaksaan Negeri Batam sebagai tempat tinggal, dan sudah mulai ramai.  

Para imigran di Batam ini, kebanyakan datang dari Afganistan, Sudan dan Yaman. Karena negara mereka sedang mengalami gejolak perang saudara.

"Imigran ini ditampung International Organization of Migration. Saat ini belum kita temukan mereka yang berkerja," pungkasnya.

Editor: Udin