Polisi Fokus Pengamanan Penumpang KM Kelud
Oleh : Romi Candra
Senin | 11-07-2016 | 18:22 WIB
kapolsek-batuampar-arwin.jpg

Kapolsek Batu Ampar, Kompol Arwin Awientama. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi saat ini lebih memfokuskan pengawasan terhatap penumpang yang turun dari KM Kelud di Pelabuhan Batuampar. Mereka adalah penumpang arus balik dari kampung halaman setela berhari raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Senin (11/7/2016). Pengamanan ini akan terus dilakukan hingga tanggal 18 Juli 2016 mendatang.

 

Demikian ungkap Kapolsek Batuampar, Kompol Arwin Awientama, Senin (11/7/2016). Menurutnya, desakan penumpang yang akan turun dari kapal bisa memberikan peluang kejaharan seperti jambret dan lain sebagainya.

Bahkan, dikhawatirkan juga terjadi pemerasan terhadap penumpang yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Meski pos pengamanan telah didirikan Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) di dekat kapal, kita ikut menurunkan personil untuk membantu mengawasi disana. Selain itu, kita juga mengawasi situasi diluar pelabuhan," ujar Arwin.

Ditambahkan, pantauan atau pengamanan yang dilakukan di luar pelabuhan, juga ditujukan menghindari terjadinya pencurian seperti pecah kaca mobil. Pasalnya, banyak masyarakat yang memarkirkan kendaraan di luar pelabuhan untuk menjemput saudaranya yang baru turun dari kapal.

"Jika ini tidak kita awasi, kemungkinan besar bisa menjadi kesempatan orang berbuat jahat," tambahnya.

Ia juga mengatakan, pengawasan akan terus dilakukan hingga arus balik berakhir nantinya pada tanggal 18 juli.

"Sekarang baru hari pertama arus balik. Masih ada tiga jadwal lagi kedatangan kapal Kelud untuk mengangkut penumpang ke Batam. Sejauh ini semua kondusif. Diharapkan hingga akhir nanti aman," pungkasnya.

Editor: Dardani