Hari H Imlek, Penumpang Masih Padati Pelabuhan Domestik Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 08-02-2016 | 12:46 WIB
mudik-imlek-2567.jpg
Penumpang memadati ruang tunggu Pelabuhan Domestik Sekupang saat hari H Imlek 2567. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki hari Imlek 8 Februari 2016, penumpang antar kota pengguna kapal ferry masih memadati Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam.

Terlihat para warga keturunan Tionghoa yang hendak merayakan Imlek di kampung halamannya berdesak-desakan di ruang tunggu keberangkatan penumpang dengan memenuhi kursi-kursi yang tersedia.

"Penumpang masih ramai sejak pagi, tapi kita atur menunggu di ruang tunggu penumpang sebelum kapal bersandar," kata Kepala Pos Syahbandar PDS, Komaruddin Senin siang.

Kepadatan itu terjadi pada tujuan antar-kota Provinsi Kepri, dengan tujuan Tanjungbalai Karimun, Selat Panjang, Dumai dan Buton. Hingga siang ini, setidaknya Syahbandar sudah memberangkatkan empat kapal dengan tujuan tersebut yakni dua kapal ferry milik Dumai Line dan dua unit milik Batam Jet.

"Membludaknya jumlah penumpang itu terjadi pada Sabtu dengan jumah penumpang mencapai 5 ribu. Kemarin itu menurun 2 ribu dan hari ini sekitar 1.600 penumpang yang sudah diberangkatkan," katanya.

Tidak ada kendala dalam trasportasi laut pada hari ini, meskipun kemarin sekitar pukul 16.30 WIB, pihaknya tidak mengizinkan kapal ferry Mikonatalia untuk berlayar, lantaran cuaca buruk.

"Kamarin 1 kapal kita tidak izinkan berlayar, karena cuaca buruk disertai gelombang laut yang sangat kuat. Hari ini belum ada penundaan," tuturnya. 

Agar tidak terjadi musibah, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pelabuhan terdekat Tanjungbalai Karimun untuk mengetahui cuaca dengan tujuan tersebut, serta intensif berkomunikasi dengan kapten kapal.

"Kita patokannya di Karimun, kalau di sana ditunda, kita juga akan memberlakukan hal serupa. Karena mayoritas kapal di sini tujuanya arah ke Karimun," pungkasnya.

Editor: Dodo